Fisika Teori

GAMBARAN UMUM

Kelompok ini biasa disebut sebagai GFTK (Grup Fisika Teori dan Komputasi), serta merupakan satu-satunya grup penelitian yang mengkaji ilmu dasar (teori) bidang fisika, komputasi dan matematika di LIPI. Grup ini berdiri sejak 1 Januari 2001 sebagai konsekuensi reorganisasi LIPI dimana lembaga induk yang menaungi grup ini berganti nama dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Fisika Terapan menjadi Pusat Penelitian Fisika. Ini menjadi tonggak awal mulai diperkenalkannya kajian teoritik sebagai salah satu kompetensi penelitian di LIPI dan P2 Fisika pada khususnya.

Secara garis besar grup ini melakukan kajian fisika teoritik, komputasi dan matematika terkait. Saat ini topik penelitian difokuskan pada :

FISIKA TEORI :

  1. Fisika energi tinggi : fisika matematika, teori unifikasi, neutrino, flavor physics
  2. Fisika nonlinier : biofisika, plasma

 

ILMU KOMPUTASI :

  1. Pemodelan dan simulasi material : produksi nanomaterial, optik
  2. Pemodelan dan simulasi biofisika : protein, DNA, nanofluidik

Sebelumnya (sd tahun 2010) grup ini juga melakukan kajian terkait informatika, khususnya model dan teknik penambangan data, manajemen pengetahuan berbasis situs, serta sistem informasi online berbasis situs.

 

FASILITAS YANG DIMILIKI

  • Ruang kerja peneliti, mahasiswa dan diskusi.
  • Mesin komputasi paralel memanfaatkan GRID LIPI di Cibinong.
  • Jaringan (LAN, server utama, mesin pencetak jaringan, hotspot).

Dalam melakukan kegiatannya, GFTK aktif berkolaborasi dengan aneka institusi di LIPI, non-LIPI dalam dan luar negeri. Di dalam LIPI kerjasama dilakukan dengan grup nanomaterial serta optik di P2 Fisika. Untuk institusi dalam negeri, kerjasama erat dilakukan dengan Departemen Fisika UI dalam bentuk kolaborasi riset serta bimbingan mahasiswa sarjana dan pasca-sarjana. Untuk institusi luar negeri kerjasama dalam bentuk dukungan finansial dan non-finansial dari ICTP Trieste, DESY Hamburg dan beberapa universitas di Malaysia.

 

Secara global aneka bentuk kerjasama yang telah / sedang dijalin antara lain :

 

Selain itu secara nasional, GFTK berperan aktif dan menjadi pionir pendiri dalam komunitas ilmiah terkait :

  • Grup Fisikawan Teoritik Indonesia - GFTI
  • Masyarakat Komputasi Indonesia - MKI

GFTK juga menjadi pendukung utama pengelolaan jurnal teori dan komputasi : Journal of Theoretical and Computational Studies, konsorsium Workshop on Theoretical PhysicsWorkshop on Computational Science dan Workshop on Non-linear Phenomena, yang dikelola dan diselenggarakan oleh kedua komunitas diatas setiap tahun.

 

Kegiatan ilmiah yang diselenggarakan dengan GFTK LIPI sebagai penyelenggara utama :

WCS-2K4CCCNS-2008

 

Sebagai salah satu bentuk kontribusi ke masyarakat, GFTK membuat dan mengelola beberapa database dan portal ilmiah terkait :

 

Selain aktifitas ilmiah dengan luaran ilmiah (karya tulis di jurnal, hak-cipta dan paten), GFTK juga menghasilkan beberapa luaran aplikatif :

 

Ketua Keltian : Dr. Ardian Nata Atmaja, M.Si

Anggota Keltian :
Dr. L.T. Handoko
Dr. Julio