KELOMPOK PENELITIAN

Geofisika

Photo utama

Kelompok penelitian geofisika mempelajari sifat fisis interior bumi terutama kerak dan mantel  atas dengan menggunakan berbagai teknik seismologi dan elektromagnet. Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih dalam mengenai evolusi, struktur dan proses dinamis yang terjadi dalam bumi.

 

TOPIK PENELITIAN

1. Struktur Kerak

Kelompok penelitian ini melakukan karakterisasi struktur kerak untuk wilayah Indonesia dengan menggunakan data seismologi. Data ini didapat dari jaringan stasiun seismik permanen atau temporer yang ada di Indonesia. Karakateristik dari kerak Bumi kemudian didapat dengan melibatkan metode inversi.

2. Seismik anisotropi

Kelompok ini juga melakukan penelitian anisotropi seismik dengan memanfaatkan fenomena pemecahan gelombang S di wilayah Indonesia. Gelombang S terpecah menjadi dua gelombang yang terpisah dengan selisih waktu tertentu ketika memasuki medium anisotropi. Dengan mengtahui fenomena ini, memungkinkan kita untuk mengetahui mengenai proses geodinamika beserta mekanismenya yang terjadi di dalam Bumi.

3. Elektromagnetik

Penggunaan metode elektromagnetik ditujukan untuk mengetahui struktur bawah permukaan daerah zona sesar aktif dan daerah geothermal di Indonesia. Selain itu, metode elektromagnetik juga dimanfaatkan untuk mengetahui lebih detil terhadap fenomena munculnya gelombang elektromagnetik yang mengawali kejadia gempa-gempa di Indonesia.

 

LAYANAN GEOFISIKA

Kelompok geofisika ini juga melayani permintaan aplikasi atau analisis metode geofisika,  misalnya survey geolistrik untuk deteksi air tanah, seismik refraksi, prosesing dan modeling data magnetotellurik dan probabilistic seismic hazard analysis.

 

Ketua Keltian : Dr. Syuhada, M.Sc.

Anggota Keltian :
Dr. Bogie Soedjatmiko E. Tjahjono
Dr. Titi Anggono
Dr. Febty Febriani