Disable Preloader

Berita

20 Oktober 2020

Alumnus NTU Singapura Berbagi Ilmu Tentang Opto-valleytronics Heterostruktur Van Der Waals 2D

Serpong, Humas LIPI. Pusat Penelitian Fisika – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indnesia (P2 Fisika – LIPI) menyelenggarakan Kolokium Fisika Daring dengan topik “Opto-valleytronics Menggunakan Heterostruktur Van Der Waals 2D” oleh Abdullah Rasmita, Selasa (20/10).

Adullah Rasmita membawakan presentasi penelitian di bidang kuantum fotonik terutama opto-valleytronic (opto/optik-valley/lembah dan elekronik)yang memanfaatkan material heterostruktur 2D transition metal dichalcogenides (TMD). Bidang valleytronic menjadi topik hangat setelah ditemukan bahwa valley elektron pada material 2D dapat dikontrol dengan menggunakan cahaya terpolarisasi melingkar.

Dirinya menjelaskan bahwa dari segi aplikasi, opto-valleytronic bisa digunakan untuk menghasilkan alat pengolah informasi yang lebih efisien secara penggunaan energi. Opto-valleytronic juga bisa digunakan untuk merealisasikan informasi kuatum berbasis solid state. Valley itu terdiri dari suatu kristal. Kristal pada unit sel yang berulang-ulang pada arah tertentu. Satu unit sel bisa terdiri dari atom atau molekul.

Opto-valleytronic maksudnya adalah kita berusaha menggunakan valley sebagai pembawa informasi. Untuk itu, kita harus bisa menginisiasi elektron pada valley tertentu dan bisa mengendalikan elektron, setelah itu kita baca letak valley-nya,” terang alumnus Nanyang Technological University, Singapura.

Syarat untuk material yang bisa digunakan untuk opto-valleytronic adalah bisa mengakses valley dari luar seperti medan listrik, magnet, juga elektromagnet. Semua diaplikasikan dengan material 2D menjadi heterostruktur Van der Waals.

Abdullah berharap dalam acara pengenalan valleytronic dan perkembangan terkini opto-valleytronic ini, ada kemungkinan pengembangan selanjutnya di bidang ini.

Sebagai informasi, Kolokium Fisika Daring yang membahas penelitian Fisika dari internal dan eksternal LIPI ini diikuti oleh peserta peneliti, praktisi, dan akademisi, melalui media aplikasi Zoom, serta siaran langsung melalui laman Facebook @lipiphysics dan YouTube Pusat Peneltian Fisika LIPI: https://is.id/ly-lipiphysics. Acara ini dipandu oleh Ahmad Ridwan Tresna Nugraha, peneliti P2 Fisika – LIPI. (har/ ed. adl)