Disable Preloader

Berita

08 September 2020

Analisis Mikrostruktur dan Elemen pada SEM-EDX

Serpong, Humas LIPI. Dr. Toto Sudiro, peneliti Pusat Penelitian Fisika – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2 Fisika – LIPI), pada Selasa (8/9) memaparkan penelitiannya yang berjudul “Teori dan Aplikasi Scanning Electron Microscope (SEM)-Energy Dispersive X-Ray Spectroscopy (EDX)”. Topik riset tersebut ditampilkan oleh P2 Fisika – LIPI dalam acara Kolokium Fisika Daring yang ditayangkan melalui media aplikasi Zoom dan siaran langsung melalui laman Facebook Fisika LIPI.

SEM-EDX secara luas telah banyak digunakan untuk analisis mikrostruktur dan elemen berbagai jenis material seperti logam, polimer, keramik, komposit, material organik, dan sebagainya. Namun sebagian pengguna atau konsumen uji terkadang memiliki keterbatasan informasi tentang penggunaan SEM-EDX dalam menganalisis materialnya.

Toto Sudiro mengatakan bahwa untuk menghasilkan kualitas gambar yang baik dan melakukan analisa elemental yang tepat adalah dengan menggunakan alat Scanning Electron Microscope (SEM)-Energy Dispersive X-ray Spectroscopy (EDX). Penggunaan alat tersebut memerlukan teknik preparasi sampel uji yang baik, serta pemilihan parameter pengujian yang sesuai berdasarkan karakteristik material yang akan diuji, seperti: accelerating voltage, spot intensity, variable aperture, dan sebagainya.

“Selain itu, pengalaman teknis pengguna dan operator yang mumpuni juga berperan dalam menentukan area atau lokasi ujinya,” tambah peneliti Fisika Material dan Spesialis Uji SEM-EDX tersebut. (har/ ed. adl)