Disable Preloader

Berita

21 April 2019

Bikin Permainan Ular Tangga Khusus Tunanetra (21 April 2019)

Sidoarjo – Penyandang disabilitas,  terutama tunanetra, juga bisa memainkan ular tangga. Aisynie Aulia Putri dan Azka Nurin Agustin memodifikasikannya dengan menggunakan huruf braille pada papan dan dadunya. Juga ada audiens yang memberikan pertanyaan berhitung. “Cara bermain ular tangga seperti ini dapat meningkatkan kemampuan berhitung tunanetra,” kata Aisynie.

Siswa kelas X SMA Progresif Bumi Sholawat itu menuturkan, ada soal penjumlahan dan pengurangan di salah satu pemberhentian. Apabila memberikan jembatan yang salah, pemain akan berjalan mundur hingga ujung ekor ular. Sebaliknya, pemain dapat melangkah lebih cepat melewati tangga jika menjawab secara tepat. “Ada perkalian dan pembagian juga,” ucapnya.

Mereka menunjukkan hasil riset tersebut berupa prototipe dalam acara Progresif Science and Innovation Exhibition (PSIE). Kegiatan ini diselenggarakan di GOR SMA Progresif Bumi Sholawat kemarin (20/4). Selain Aisynie dan Azka, ada 24 kelompok lain yang menunjukkan inovasinya. “Itu hasil ide dan inisiatif mereka sendiri,” ucap Kepala Yayasan Progresif Bumi Sholawat, Aria Muhammad Ali.

Di dunia sains, siswa ikut bersaing ke luar negeri. Misalnya, Yunma Shalfa, siswi kelas XI itu mendapatkan kesempatan berangkat ke Malaysia untuk mempresentasikan hasil risetnya. Yakni, pembuatan daya listrik dari kulit pisang. “Bisa mengalir daya sekitar 1,2 volt, Lampu LED kecil bisa nyala,” tuturnya.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) turut datang di acara tersebut. Deni Shidqi Khaerudini, perwakilan LIPI, mengapresiasi karya para siswa meski belum sempurna.

Sumber: Jawa Pos, Minggu, 21 April 2019

Gambar Lainnya