Disable Preloader

Berita

11 November 2020

Carbon Dots: The Magic of Surface

Serpong, Humas LIPI. Pusat Penelitian Fisika – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indnesia (P2 Fisika – LIPI) menyelenggarakan Kolokium Fisika Daring dengan topik Carbon Dots: The Magic of Surface oleh Dr. Isnaeni, M.Sc. dari P2 Fisika, Selasa (3/11).

Isnaeni menjelaskan bahwa Carbon Dots pada prinsipnya adalah nanopartikel atau nanomaterial. “Ada dua hal menarik mengenai nanomaterial. Pertama, nanomaterial harus berukuran di bawah 100 nanometer. Kemudian yang kedua, nanomaterial sifatnya bisa berubah seperti optik, elektrik, mekanik, produktivitas listrik, dan lainnya,” jelasnya.

Carbon Dots mempunyai stabilitas yang tinggi, toksisitas yang rendah, ramah lingkungan, mudah untuk dibuat, juga bisa mendapatkan emisi. Sementara Carbon biasa tidak mempunyai emisi sama sekali, tetapi begitu dinanokan atau dots-kan, maka keluarlah sifat optik yang baru, yaitu berpendar,” imbuh Isnaeni.

Dirinya menjelaskan bahwa nanomaterial berpendar menjadi salah satu bidang riset yang menarik karena berpotensi pada banyak aplikasi seperti bioimaging, terapi kanker, sel surya, LED, dan sebagainya. Properti unik dari carbon dots adalah optikal propertinya dengan pendaran warna yang beragam.

“Ada dua mekanisme sumber pendaran pada carbon dots, yaitu efek kuantum dari bagian intinya dan efek permukaan (surface). Tujuan penelitian ini adalah mempelajari tentang emisi yang berasal dari permukaan karena lebih mudah dilakukan eksperimen, bisa mendapatkan warna-warna yang beragam, tanpa perlu mengubah ukuran dari carbon dots sendiri dengan cara memodifikasi permukaan,” terang Peneliti Ahli Madya ini.

“Dengan carbon dots kita bisa mempelajari surface level (level permukaan). Ini sangat menarik untuk dipelajari karena surface level dapat dimodifikasi dan bisa digunakan untuk berbagai aplikasi seperti pencahayaan dan sensor,” tutupnya.

Sebagai informasi, Kolokium Fisika Daring yang membahas penelitian Fisika dari  internal dan eksternal LIPI ini, diikuti oleh peserta dari peneliti, praktisi, dan akademisi melalui media aplikasi Zoom, siaran langsung melalui laman Facebook@lipiphysics dan YouTube Pusat Penelitian Fisika LIPI: https://is.id/ly-lipiphysics. Acara ini dipandu oleh Ahmad Ridwan Tresna Nugraha peneliti P2 Fisika – LIPI. (har/ ed. adl)