Disable Preloader

Berita

22 Desember 2020

Destromed : Alat Penghancur Limbah Jarum Suntik, Cegah Penularan Virus

Serpong, Humas LIPI. Penanganan limbah medis merupakan permasalahan yang urgen dilakukan terlebih di masa pandemi saat ini. Salah satunya adalah jarum suntik yang bersinggungan langsung dengan pasien. Limbah jarum suntik yang berasal dari Rumah Sakit, Puskesmas maupun tempat layanan kesehatan lainnya harus dimusnahkan karena mengandung virus dan penyakit menular yang berbahaya seperti COVID-19. Bambang Widyatmoko, Peneliti Pusat Penelitian Fisika Lembaga Ilmu Pengetahuan LIPI mengembangkan alat penghancur limbah jarum suntik yang diberi nama Destromed. Alat ini merupakan model baru, perbaikan dari produk sebelumnya.

Destromed memakai teknik self-heating yaitu menggunakan arus listrik yang dialirkan ke bagian metal jarum sehingga menimbulkan panas dan akan melelehkan jarum itu sendiri. Perbedaan dengan teknik sebelumnya adalah di bagian elektroda, yaitu dengan elektroda geser untuk menghindari hubungan pendek arus listrik, akibat sisa pembakaran yang menempel pada elektroda saat dipakai berulang-ulang. Dengan elektroda geser, sisa pembakaran yang menempel akan mudah dibersihkan.

Keunggulan produk ini yaitu kompak dan mudah dipakai, limbah steril dari kuman penyakit, hemat listrik, perawatan mudah, awet, harga lebih murah dan bisa dipakai untuk jarum berdiameter 0,5-1,2 mm. Desain baru produk ini juga dilengkapi dengan perusak tabung jarum, agar jarum tidak dapat dipergunakan lagi. Pengembangan Destromed ini diharapkan dapat membantu mencegah penularan penyakit melalui jarum suntik seperti HIV, Hepatitis, bahkan COVID-19. (nh/ ed. adl)