Disable Preloader

Berita

18 Mei 2021

Fisika LIPI Presentasikan Hasil Riset kepada BMKG

Serpong, Humas LIPI. Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (Puslitbang - BMKG) dan Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG beserta perwakilan Satuan Kerja di BMKG hadir dalam rapat virtual yang diselenggarakan oleh Pusat Penelitian Fisika Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2 Fisika – LIPI) pada Selasa (18/5). Pertemuan ini dilakukan untuk mempresentasikan riset-riset Fisika LIPI terkait rencana kerja sama antara P2 Fisika LIPI dan Pusat-pusat yang ada di BMKG.

Rike Yudianti, Kepala P2 Fisika LIPI, membuka acara dengan memberikan sambutan. “Terima kasih atas kehadiran Bapak Ibu, khususnya dari BMKG, pada acara pagi ini, lanjutan rencana kerja sama Fisika LIPI dan BMKG yang sebelumnya dilakukan pada 6 Mei. Hari ini akan dilakukan presentasi kegiatan riset yang dilakukan oleh Kelompok Penelitian Fisika Sistem Kompleks serta kelompok penelitian Optoelektronika dan Kontrol,” ungkapnya.

Nelly Florida, Kepala Puslitbang BMKG menyampaikan dukungannya atas kegiatan presentasi LIPI untuk rencana kerja sama. “Kami mendukung riset-riset LIPI yang nanti akan dikerjasamakan dengan BMKG, dari kami juga sudah ada bagian kerja sama yang akan membantu,” ujarnya.

Pada sesi presentasi, kedua kelompok penelitian (keltian) Fisika memperkenalkan diri dan menyampaikan hasil-hasil risetnya. Dari Keltian Fisika Sistem Kompleks diwakili Febty Febriani terkait geomagnetik serta dari keltian Optoelektronika dan Kontrol disampaikan oleh Bambang Widiyatmoko terkait sensor.

Kepala Pusat dari Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayotno, mengungkapkan ketertarikannya atas riset Fisika LIPI, yaitu sensor gempa. “Riset LIPI seperti sensor gempa berbasis optik ini sangat menarik apabila bisa dikembangkan lebih lanjut, seperti dengan kabel optik bawah laut” ungkapnya.

Hasil dari pemaparan riset-riset LIPI tersebut akan dibahas secara internal oleh BMKG sebelum akan dikoordinasikan kembali dengan LIPI. (adl)