Disable Preloader

Berita

07 Mei 2019

Jajaki Kerja Sama Riset, SPH Lippo Village Kunjungi Laboratorium P2 Fisika - LIPI (7 Mei 2019)

Serpong, Humas LIPI. Pusat Penelitian Fisika – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2 Fisika – LIPI) menerima kunjungan dari Sekolah Pelita Harapan (SPH) Lippo Village Karawaci di Gedung 442, Puspiptek, Serpong, Selasa (7/5). Kunjungan yang terdiri dari Phillip Nash sebagai kepala sekolah, para pengajar yakni Michael Huizenga, Andrew Rominger, Douglas Zyustra, dan Eden Steven, bermaksud untuk menjajaki kerja sama dan meninjau laboratorium yang ada di P2 Fisika – LIPI.

Kunjungan SPH Lippo Village disambut oleh Kepala P2 Fisika – LIPI, Dr. Rike Yudianti didampingi oleh peneliti Dr. Deni Shidqi Khaerudini dan Dr. Nanik Indayaningsih, Kepala Bidang Pengelolaan Penelitian Andi Suhandi, M.Si. Dr. Rike menyampaikan profil dan kelompok penelitian yang ada di P2 Fisika – LIPI antara lain Bahan Magnetik dan Keramik Maju, Material Berketahanan Tinggi, Baterai Lithium dan Superkapasitor, Fuel Cell dan Teknologi Hidrogen, Teknologi Laser, Optoelektronik dan Instrumentasi, Geofisika, Fisika Teori, dan Fisika Komputasi.

“P2 Fisika - LIPI memiliki fasilitas laboratorium yang cukup lengkap,” ujar Dr. Rike. Terdapat fasilitas karakterisasi material maju seperti alat pengamatan uji mikrostruktur (SEM, FE-SEM, FIB, XRD, RAMAN Spectrometer, FT-IR, TG/DTA, dan PSA Mikro/Nano), fasilitas lab laser (laser femto second dan laser CO2), dan fasilitas pengujian lab fuel cell.

Dalam kunjungan ini, Phillip Nash berharap agar ada peluang kerja sama pada bidang penelitian, seperti melakukan kegiatan magang (internship) untuk murid-murid baik SMP maupun SMA serta pelatihan alat karakterisasi khusus bagi guru-guru di P2 Fisika – LIPI. “Kolaborasi dapat terkait rumpun keilmuan di LIPI dengan bidang kami masing-masing. Kami juga berharap dapat berkolaborasi dengan puslit-puslit lain yang ada di LIPI”, terangnya.

Rombongan kemudian diajak berkeliling melihat semua fasilitas laboratorium P2 Fisika - LIPI. Rombongan sangat antusias dengan peralatan-peralatan uji yang ada, seperti Scanning Electron Microscope (SEM), Fourier-Transform Infrared Spectrometer (FTIR), Transmission Electron Microscope (TEM).

“Riset yang sedang kami lakukan sangat terkait dengan peralatan yang ada di sini, seperti laser, fuel cell and hidrogen technology, dan material nano magnetik. Maka kami bisa menguji lebih lanjut,” tutur kepala SPH Lippo Village.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Deni menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan kelanjutan dari acara 1st Science Academy Exhibition di SPH Lippo Village. Saat itu Dr. Deni berkesempatan menjadi pembicara dan peneliti LIPI lainnya menjadi tim juri. “Pihak  SPH sangat mengapresiasi dengan keterlibatan dari LIPI pada bidang sains. Mereka ingin ada pembinaan dari sivitas LIPI,” pungkas peneliti Fuel Cell tersebut. (hrd/ ed. adl)