Disable Preloader

Berita

17 Desember 2020

Jalin Kerja Sama Riset Baterai, NBRI Kunjungi P2 Fisika LIPI

Battery Research Institute (NBRI) di Gedung 442, Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (17/12). Kunjungan yang dipimpin oleh Prof. Dr. Evvy Kartini (pendiri NBRI) untuk melakukan inisiasi kerja sama pada sektor infrastuktur SDM maupun fasilitas riset.

Prof. Evvy dan rombongan disambut langsung oleh Kepala P2 Fisika, Dr. Rike Yudianti, Koordinator Penelitian Fisika, Andi Suhandi, M.Si, serta Kelompok Penelitian Baterai Lithium dan Superkapasitor. Dalam pertemuan tersebut dilakukan diskusi dan tanya jawab tentang organisasi, strukturisasi, maupun proses bisnis yang diterapkan di LIPI.

Tim NBRI kemudian diajak untuk melihat fasilitas riset baterai di P2 Fisika. Fasilitas yang dimiliki LIPI tersebut meliputi mesin ball-milling dan tungku untuk proses pembuatan bahan aktif katoda dan anoda baterai, mesin mixing untuk pembuatan slurry, yakni bahan aktif dicampur dengan bahan pengikat dan karbon konduktif, mesin coating untuk pembuatan lembaran elektroda dengan melapiskan slurry pada Al- dan Cu-foil sebagai current collector, peralatan untuk perakitan baterai, serta alat-alat pengujian baterai. (har/ ed. adl)