Disable Preloader

Berita

31 Mei 2021

KLHK Lakukan Audiensi Proyek JICA ke P2 Fisika LIPI

Serpong, Humas LIPI. Direktorat Inventarisasi Gas Rumah Kaca dan Monitoring Pelaporan dan Verifikasi – Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (IGRKMPV – KLHK) mengunjungi Pusat Penelitian Fisika Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2 Fisika LIPI) pada Senin (31/5). Pertemuan ini bertujuan melaksanakan audiensi pembahasan tindak lanjut hibah proyek Japan International Cooperation Agency (JICA), melalui program land use, land-use change and forestry (LULUCF).

PIhak KLHK telah mendapat persetujuan dari pemerintah Jepang dalam pelaksanaan proyek “Indonesia – JICA Climate Change Mitigation project in LULUCF Sector”. Berkaitan dengan dana hibah ini, IGRKMPV - KLHK akan menunjuk peneliti dari P2 Fisika LIPI untuk bekerjasama melaksanakan penelitian terkait pengembangan metode monitoring, pelaporan, dan verifikasi, untuk emisi karbon pada lahan gambut tropika.

Kepala P2 Fisika LIPI, Rike Yudianti, dalam sambutannya menyambut baik keterlibatan P2 Fisika dalam penelitian tentang perubahan iklim, khususnya dinamika gambut tropika. “Kami memiliki beberapa kepakaran peneliti yang dapat diikutsertakan dalam penelitian dari KLHK, seperti pemodelan sistem kompleks dan instrumentasi monitoring lingkungan,” ujarnya.

Irawan Asaad, Kepala Subdit IGRK Berbasis Lahan – KLHK menyampaikan perlunya kerja sama dengan LIPI khususnya mengenai tenaga ahli karena pada direktoratnya memiliki keterbatasan sumber daya manusia (SDM). “Ada empat target proyek dengan dana hibah dari JICA, pertama kebijakan dan kapasitas sektor iklim LULUCF, kedua metodologi MPV untuk sektor lahan gambut, ketiga ekonomi hijau melalui pengembangan teknologi aerohidro, dan terakhir penetapan yurisdiksi REDD+ (Reducing Emissions from Deforestation and Forest Degradation),” terangnya. 

Sejumlah peneliti di P2 Fisika berkesempatan untuk menjalankan proyek terkait target nomor dua, yakni pengembangan metodologi MRV untuk sektor lahan gambut dengan koordinator kegiatan Albert Sulaiman dari kelompok penelitian (Keltian) Fisika Sistem Kompleks serta Dalam kesempatan ini, beberapa peneliti dari Keltian Fisika Sistem Kompleks, Keltian Optoelektronika dan Kontrol, serta Keltian Fisika Teori dan Komputasi Material, menyampaikan pemaparan terkait kegiatan risetnya. Audiensi dilanjutkan dengan kunjungan ke beberapa laboratororium di P2 Fisika. (mfn, adl)