Disable Preloader

Berita

14 Desember 2020

Komisi VII DPR RI Kunjungi Puslit Fisika LIPI Serpong

Serpong, Humas LIPI. Tim Kunjungan Kerja Komisi VII DPR RI dipimpin oleh Ramson Siagian yang didampingi Tifatul Sembiring, Rusda Mahmud, dan Ina Elisabeth Kobak, meninjau dan melakukan pertemuan dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan  Indonesia (LIPI) Serpong di Gedung Pusat Penelitian Fisika, Puspiptek, Tangerang Selatan, Senin (14/12). Kunjungan ini untuk melaksanakan fungsi pengawasan serta menyerap aspirasi dan melihat secara langsung perkembangan riset dan teknologi di berbagai daerah Indonesia, khususnya terkait pengelolaan energi dan sumber daya mineral.

Kepala LIPI, LT. Handoko dalam pengantarnya mengucapkan terima kasih atas dukungannya kapda Komisi VII.  “LIPI Puspiptek merupakan salah satu dari 22 lokasi LIPI di seluruh Indonesia. LIPI Serpong merupakan satu dari lima kawasan LIPI yang terbesar. Jadi yang terbesar adalah dari LIPI Cibinong Science Center yang khusus untuk life science,” ujarnya.

“Di kawasan Serpong, LIPI mempunyai empat pusat penelitian yang berfokus pada riset-riset yang advance terkait material sains, fisika, kimia, dan teknologi pengujian. Merekalah yang selama ini menjadi garda terdepan, berkolaborasi internasional untuk mengibarkan bendera Indonesia,” tambah Kepala LIPI.

Sementara itu, Deputi Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI Agus Haryono memaparkan pusat penelitian yang ada di Serpong. “Di LIPI terdapat hasil riset, pengembangan, dan kerja sama maupun fasilitas di bidang energi terbarukan. Seperti teknologi pembuatan hitrogen, pengembangan material, sel surya, biogas, bioetanol generasi kedua, biofuel, teknologi kendaraan listrik, baterai, teknologi untuk memperbanyak produksi dari kilang minyak, serta pengujian dimetil-eter (DME) untuk pengujian kompor gas berbahan bakar DME,” jelasnya.

Ketua Komisi VII DPR RI Ramson Siagian menyampaikan bahwa berdasarkan indeks tahun 2020, persoalan mendasar atas rendahnya inovasi di Indonesia disebabkan kerja sama lintas sektoral yang masih lemah. “Oleh karena itu, sinergi antar kementerian, lembaga, dan perguruan tinggi serta BUMN perlu dilakukan untuk tujuan menghasilkan inovasi yang kompetitif belum mencapai hasil yang optimal,” tuturnya.

Komisi VII merupakan salah satu komisi di DPR RI yang mempunyai lingkup tugas pada bidang Energi dan Sumber Daya Mineral, Riset dan Teknologi, Lingkungan Hidup, Bapedal, BATAN, LIPI, BPPT, dan Dewan Riset Nasional.

Dalam kunjungan ini, Komisi VII berharap agar dapat meningkatkan sinergi LIPI, BPPT, Kementerian Ristek/BRIN, PT. PLN, PT. Pertamina, MIND-ID, dan PT. LEN dalam pengembangan industri elektrik fender baterai sebagai bagian pengembangan inovasi. Pengembangan tersebut juga harus bermanfaat dan dapat dirasakan oleh pemerintah, termasuk pemerintah daerah daerah Banten dan pemerintah kota Tangerang Selatan dan seluruh rakyat Indonesia. (har/ ed adl)