Disable Preloader

Berita

30 Oktober 2019

Kunjungan MTs Negeri 1 Pacitan di P2 Fisika - LIPI (30 Oktober 2019)

Serpong, Humas LIPI. Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Pacitan, Jawa Timur mengadakan kunjungan Wisata Iptek di Pusat Penelitian Fisika – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2F-LIPI) di Gedung 440, Puspiptek, Serpong, pada Rabu, (30/10). “Kami ke sini ingin para siswa lebih mengenal ilmu pengetahuan dan juga penelitian yang ada di LIPI,” ungkap Ani Widyawati, selaku guru pembimbing.

Kunjungan yang diikuti 30 orang siswa dan dua guru pembimbing disambut oleh Kepala Bidang Pengelolaan Penelitian, Andi Suhandi. Dalam kunjungan para siswa, Andi memaparkan profil P2 Fiska – LIPI tentang sejarah, fasilitas, kemampuan, dan penelitan yang dikerjakan.

Kemudian para siswa diajak untuk melihat langsung fasilitas dan kemampuan laboratorium yang ada di Puslit Fisika. Dan juga apa saja yang sedang dilakukan oleh para peneliti LIPI.

Dalam kunjungan tersebut, Ani Widyawati menceritakan bahwa dengan kegiatan ini siswa menjadi lebih memahami ilmu pengetahuan. Para peneliti LIPI menyampaikan cukup jelas mengenai aplikasi ilmu pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kami sebagai guru berharap bisa mengantarkan siswa agar termotivasi ke arah yang sama. Atau ke arah yang sesuai dengan jurusan ketika kuliah. Sehingga dengan mengenalkan, mereka mempunyai gambaran ke arah cita-cita mereka,” tambah Ani.

“Sampai sini kami masih tahap kagum, tidak menyangka, ternyata gedungnya, fasilitasnya, dan bahkan bidang-bidang yang diteliti sangat bagus. Kami berharap ada program-program yang bisa diberikan ke sekolah, atau kerja sama yang bermanfaat bagi para siswa secara langsung,” jelas guru bahasa Inggris MTs Negeri 1 Pacitan.

Selain berkunjung ke P2 Fisika - LIPI, pada waktu yang bersamaan sebagian rombongan MTs Negeri 1 Pacitan melakukan kunjungan ke P2 Kimia – LIPI, dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT): Balai Besar Teknologi Konversi Energi, Bioteknologi, dan Balai Teknologi Bahan Bahan dan Teknologi Disain. Sebelumnya seluruh rombongan menyaksikan selayang pandang Puspiptek di Pusat Informasi (PI) Kemenristekdikti. (har, ed. adl)