Disable Preloader

Berita

11 April 2018

Kunjungan Riset Peneliti Pusat Penelitian Fisika ke Functional Composite Department, Korea Institute of Materials Science (KIMS) (9-21 April 2018)

Dua peneliti dari Peneliti Pusat Penelitian Fisika, yaitu Yuyun Irmawati, M. T. dan Fredina Destyorini, M. T. Adapun maksud kunjungan ini adalah untuk mempercepat pencapaian progress riset di bawah project kolaborasi antara KIMS dan LIPI. Kunjungan laboratorium merupakan aktivitas yang pertama kali dilaksanakan di KIMS. Beberapa laboratorium yang ada di Gedung 2 KIMS (Functional Composite Department) antara lain Composites Material Synthesis Laboratory, Laboratorium karakterisasi, Laboratorium fabrikasi komposit karbon, dll. Kunjungan dilanjutkan ke Composites Material Synthesis Laboratory untuk melihat proses pembuatan carbon fiber dengan polimer PTU (Thermoplastic polyurethane).

 kims

                                                   Gambar 1. Gedung KIMS

Kegiatan riset dan eksperimen secara langsung juga dilaksanakan disana yaitu eksperimen pembuatan solution spinning dope polyvinyl alcohol dan carbon nanotube.

fiber

Gambar 2. Proses pembuatan fiber dengan syringe pump dan fiber yang dihasilkan

 

Kegiatan riset lainnya adalah pembuatan komposit dengan metode RTM Preform 3D. Pembuatan komposit dengan metode resin transfer molding (RTM) banyak dipilih karena keunggulannya dalam hal metode sederhana dan peralatan yang dibutuhkan mudah didapatkan. Pada kegiatan ini, kami juga berkesempatan untuk mempelajari dan mencoba pembuatan komposit dengan metode RTM. Selain dengan preform 3D, juga dilakukan pembuatan komposit dengan preform 2D. Tahapan pembutannya seperti pembuatan komposit dengan metode RTM dengan preform 3D. Perbedaannya jenis preform yang digunakan adalah preform 2D (memiliki ukuran lebar dan panjang). Karena tidak memiiki dimensi tebal, maka digunakan beberapa lembar preform (laminat), yaitu sebanyak 4 lembar laminat. Preform yang digunakan adalah tekstil dari serat karbon unidirectional dengan jenis matrik berupa resin epoksi. Untuk pembuatan komposit RTM Preform 2D, kami berkesempatan melakukan preparasi dari mulai pemotogan preform hingga proses curing secara mandiri.

 

komposit

Gambar 3. Pembuatan carbon komposit dengan teknik RTM secara mandiri

 

Gambar Lainnya