Disable Preloader

Berita

19 Februari 2020

Kunjungan SMA Santa Laurensia BSD di P2 Fisika – LIPI: Tumbuh-Kembangkan Minat Penelitian Bagi Generasi Muda (19 Februari 2020)

Serpong, Humas LIPI. Pada hari ini, untuk kesekian kalinya, siswa-siswi SMA Santa Laurensia mengadakan Kunjungan Wisata Iptek untuk lebih mendekatkan antar konsep akademis di sekolah dengan kegiatan dan fasilitas penelitian di Pusat Penelitian Fisika – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2F – LIPI), di Gedung 442, Puspiptek, Serpong, pada Rabu, (19/2). Kunjungan tersebut diantaranya untuk menumbuhkembangkan minat penelitian bagi generasi muda.

Sebanyak 32 orang siswa jurusan MIPA dan 2 orang guru pembimbing disambut oleh Kepala Bidang Pengelolaan Penelitian, Andi Suhandi. Dalam kegiatan tersebut, selain menayangkan video profil tentang LIPI, Andi memaparkan fasilitas dan kegiatan penelitian P2 Fisika - LIPI.

Para siswa dengan antusias menyimak tayangan video dan paparan singkat mengenai kegiatan-kegiatan di P2 Fisika. “Semoga kunjungan ini dapat memberikan wawasan lebih luas tentang fasilitas dan kegiatan-kegiatan di P2 Fisika, sehingga para siswa sekalian menjadi lebih tahu dan tertarik tentang sains,” ungkapnya.

Rombongan kemudian diajak melihat langsung fasilitas dan kemampuan laboratorium yang dimiliki Puslit Fisika – LIPI. Serta kegiatan-kegiatan yang yang dilaksanakan para peneliti.

Guru Fisika St. Laurensia, Widyasmara, mengatakan dengan melihat fasilitas di LIPI dapat membuka ide-ide penelitian. “Anak-anak kelas X ini baru memulai meneliti, sehingga mereka perlu mengetahui bahwa penelitian itu seperti apa,” jelasnya.

“Dengan langsung melihat kegiatan dan fasilitas penelitian, maka muncul ide-ide atau mengembangkan ide-ide yang ada itu untuk proses penelitian mereka selanjutnya,” ungkap pimpinan rombongan.

Gregorius Bryan, salah satu guru pembimbing beranggapan bahwa kegiatan kunjungan sudah bagus.

"Alat-alat penelitiannya lengkap dan beragam. Jadi menambah wawasan dan ilmu pengetahuan anak-anak tentang sains dan penelitian" jelas guru fisika di SMA Santa Laurensia ini.

“Kemudian, apa yang mereka teliti itu bisa dibantu dengan peralatan apa saja, fasilitas apa saja yang ada LIPI atau di puslit ini. Atau pun melaksanakan kerja sama dengan Puslit Fisika – LIPI,” tambahnya.

Salah satu siswa bernama Dariel mengungkapkan bahwa dia sangat senang dengan kunjungan ini. "Sangat bagus karena jadi lebih tahu secara langsung tentang penelitian dan sains." ujarnya

Selain berkujung ke P2 Fisika – LIPI, pada waktu yang bersamaan sebagian rombongan SMA St. Laurensia melakukan kunjungan ke P2 Kimia – LIPI dan Balai Bioteknologi – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). (har, whp/ ed. adl)