Disable Preloader

Berita

06 Desember 2019

Kunjungan SMA Santa Laurensia di P2 Fisika - LIPI (6 Desember 2019)

Serpong, Humas LIPI. SMA Santa Larensia, Serpong, Tangerang Selatan, mengadakan kunjungan Wisata Iptek ke Pusat Penelitian Fisika – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2F – LIPI) di Gedung 440, Puspiptek, Serpong, pada Jumat (6/12). “Anak-anak ke sini untuk mencoba didekatkan dengan pusat penelitian atau riset terutama juga fasilitas laboratorium dan semacam itu,” ungkap Widi, guru pembimbing.

Kunjungan yang diikuti 23 orang siswa dan 2 orang guru pembimbing disambut oleh Kepala Bidang Pengelolaan Penelitian, Andi Suhandi. Dalam kunjungan tersebut, Andi memaparkan profil P2 Fisika – LIPI tentang sejarah, fasilitas, kemampuan, dan penelitian-penelitian yang dilakukan.

Rombongan kemudian berkesempatan melihat langsung fasilitas dan kemampuan laboratorium yang dimiliki Puslit Fisika – LIPI. Turut pula melihat kegiatan-kegiatan yang dikerjakan oleh para peneliti LIPI.

Dalam kunjungan ke laboratorium P2 Fisika –LIPI, Widi mengatakan tujuan adanya kegiatan ini adalah agar siswa juga tertarik untuk meneliti setelaah melihat apa saja yang diteliti. “Perlu kenalkan siswa ke penelitian-penelitian yang sudah ada,” tuturnya.

Dengan proses kunjungan ini, siswa mendapatkan informasi bahwa apabila fasilitas di sekolah tidak bisa dilakukan kegiatan penelitian, maka ada tempat lain untuk bertanya dan melakukan penelitian.

“LIPI sudah terbuka untuk umum sehingga masyarakat lebih kenal, terutama anak-anak siswa. Mereka bisa lebih awal mengenal penelitian. Semoga lebih banyak yang terbuka untuk umum sehingga mereka tahu pengalaman untuk meneliti itu seperti apa,” harap guru Fisika SMA Santa Laurensia.

Selain berkunjung ke P2 Fisika - LIPI, pada waktu yang bersamaan sebagian rombongan SMA Santa Laurensia melakukan kunjungan ke P2 Kimia – LIPI dan Balai Bioteknologi - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Sebelumnya seluruh rombongan disambut dan dilakukan penyerahan cinderamata di Pusat Informasi Puspiptek – Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional. (har/ ed. adl)