Disable Preloader

Berita

13 November 2019

Kunjungan SMP Saint John’s School di P2 Fisika – LIPI (13 November 2019)

Serpong, Humas LIPI. SMP Saint John’s School Meruya, Jakarta Barat, mengadakan kunjungan Wisata Iptek di Pusat Penelitian Fisika – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2F – LIPI) di Gedung 440, Puspiptek, Serpong, pada Rabu (13/11). “Kami mendukung para siswa tidak hanya mendapat pelajaran dari sekolah, juga dari lingkungan dunia nyata. Di Pusat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspipiptek) inilah tempatnya belajar,” ungkap Satria, selaku guru pembimbing.

Kunjungan yang diikuti 25 orang siswa dan satu orang guru pembimbing disambut oleh Kepala Bidang Pengelolaan Penelitian, Andi Suhandi. Dalam kunjungan tersebut, Andi memaparkan profil P2 Fisika – LIPI tentang sejarah, fasilitas, kemampuan, dan penelitian-penelitian yang dilakukan.

Kemudian rombongan berkesempatan melihat langsung fasilitas dan kemampuan laboratorium yang dimiliki Puslit Fisika – LIPI. Dan juga melihat kegiatan-kegiatan yang dikerjakan oleh para peneliti LIPI.

Dalam kunjungan ke laboratorium P2 Fisika – LIPI, Satria berharap anak-anak semakin mencintai riset maupun ilmu pengetahuan dan teknologi. ”Kami belum pernah tahu bahwa di Indonesia memiliki pusat penelitian laboratorium yang sebesar LIPI,” tuturnya.

“Kami bahagia ke sini. Di sini tempatnya sangat terbuka buat siswa baik informasi maupun pengetahuan yang disampaikan,” pesan guru Fisika SMP Saint John’s.

Selain berkunjung ke P2 Fisika - LIPI, pada waktu yang bersamaan sebagian rombongan SMP Saint John’s School melakukan kunjungan ke P2 Kimia – LIPI serta Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) meliputi: Balai Besar Teknologi Aerodinamika, Aeroelastika dan Aeroakustika; Balai Besar Teknologi Konversi Energi; Bioteknologi; dan Balai Teknologi Bahan Bahan dan Teknologi Disain. Sebelumnya seluruh rombongan menyaksikan selayang pandang Puspiptek di Pusat Informasi (PI) Kemenristekdikti. (har/ ed. adl)