Disable Preloader

Berita

31 Januari 2020

LIPI Hadir dalam Rakornas Kemenristek/BRIN 2020 (29-30 Januari 2020)

Serpong, Humas LIPI. Dalam upaya meningkatkan integrasi penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menghasilkan invensi dan inovasi untuk pembangunan nasional berkelanjutan, Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) mengadakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas). Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Widya Bhakti, Serpong, Tangerang Selatan (29-30/1) tersebut, LIPI berkesempatan memamerkan hasil penelitian dan pengembangan teknologi pengolahan pangan.

Sejumlah hasil penelitian dari booth LIPI ditampilkan dalam bentuk maket, prototipe, produk jadi, serta brosur dan banner. Ada teknologi pengalengan dari Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam – LIPI yang sudah dimanfaatkan untuk mengemas Gudeg Bu Tjitro. Maket Alat Ekstruder Mie (Alat Pencetak Mie) dari Pusat Penelitian Teknologi Tepat Guna - LIPI (P2 TTG - LIPI). Produk pangan fungsional yang sudah diproduksi oleh UKM mitra P2 TTG - LIPI seperti Banana Flakes “ Hi Banana’s”, Jagung Bose “ Diak Los”, Cashew Cookies “Aloresse”, Cashew Butter “ Aloresse”, Probarz, dan Aroma Kopi Sumba. Dari Pusat Penelitian Kimia menampilkan teh hijau drink instan serbuk, C-Ti Biskuit dari anggur laut, dan fortifikan asam folat. Sementara di booth Deputi Bidang Penguatan Penguatan Inovasi Kemenristek/BRIN, P2 Fisika LIPI memamerkan Baterai Merah Putih (Baterai Lithium).

Rangkaian kegiatan Rakornas tahun 2020 dibuka oleh Presiden RI, Joko Widodo dengan mengusung tema Meningkatkan Integrasi Penelitian, Pengembangan, Pengkajian, dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang menghasilkan Invensi dan Inovasi untuk pembangunan nasional berkelanjutan. (har/ ed. adl)