Disable Preloader

Berita

14 Agustus 2018

Mengenal Lebih Jauh Femtosecond Laser Melalui Workshop on Femtosecond Laser Application in Material Engineering (WFLAME ) 9 Agustus 2018

Pada tanggal 9 Agustus 2018 Kelompok Penelitian Laser Pusat Penelitian Fisika (P2F) - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyelenggarakan Workshop on Femtosecond Laser Application in Material Engineering (WFLAME) 2018, yang diadakan selama satu hari di kantor Pusat Penelitian Fisika Serpong. Peserta yang hadir mencapai 50 orang dari kalangan peneliti, dosen dan mahasiswa yang berkecimpung dalam dunia penelitian laser maupun yang tertarik untuk mempelajari laser lebih dalam.

Kegiatan ini menghadirkan tiga pembicara yang ahli membagi pengalaman berharga tentang femtosecond laser untuk aplikasi material engineering, yakni Dr.rer.nat. Hendradi Hardhienata (dari IPB), Dr.Eng. Muttaqin (dari Universitas Pertamina) dan Nursidik Yulianto, M.T. (dari Technische Universität Braunschweig Germany).

pembicara wflame 2018

Kegiatan ini juga didukung penuh oleh PT. Serviam Abadimurni yang turut aktif berpartisipasi dalam acara dan membantu dalam proses pengadaan instrumentasi dan bahan pendukung femtosecond laser. Selain menghadirkan tiga pembicara ahli, kelompok penelitian laser juga mengajak para peserta untuk mencoba langsung eksperimen dengan menggunakan laser femtosecond dan nanosecond, antara lain white light supercontinuum generation, synthesis of Au/Ag nanoparticles,  two photon excitation dan paint striping.

Terselenggaranya WFLAME 2018 ini bertujuan agar memberikan wahana bagi peneliti dan teknorat muda bidang optik dan fotonik untuk menunjukkan kompetensi dan kemampuan risetnya di mata nasional, serta menjadi pionir dalam perkembangannya. Selain itu acara ini turut membuka kolaborasi riset dalam bidang material engineering dengan memanfaatkan laser femstosecond laser yang dimiliki oleh P2F LIPI.

 

-NY-