Disable Preloader

Berita

14 Juli 2020

OCTAVVS: Perangkat Grafis Analisis Data Mikrospektroskopi Vibrasional

Serpong, Humas LIPI. Pusat Penelitian Fisika - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2 Fisika – LIPI) kembali menyelenggarakan Kolokium Fisika Daring dengan topik “OCTAVVS: A Graphical Tool for Analysis of Vibrational Microspectroscopy Data” (OCTAVVS: Perangkat Grafis untuk Analisis Data Mikrospektroskopi Vibrasional) oleh Dr. Syahril Siregar, Computational Biology and Biological Physics Group Department of Astronomy and Theoretical Physics Lund University, Swedia, pada Selasa (14/7). 

Kolokium mingguan ini diikuti oleh peserta dari peneliti, praktisi, dan akademisi melalui media aplikasi Zoom dan siaran langsung Facebook pada saluran Pusat Penelitian Fisika LIPI.

Dalam presentasinya, Syharil menjelaskan Mikrospektroskopi Vibrasional adalah metode baru untuk mempelajari distribusi spasial molekul organik dan anorganik dengan resolusi beberapa mikrometer dalam berbagai aplikasi praktis. “Meskipun tugas prapemrosesan untuk mendapatkan spektrum bersih adalah isu krusial, analisis data mikrospektroskopi vibrasional menjadi menantang karena satu gambar dapat dibangun oleh ribuan spektrum,” terangnya.

Multivariate curve resolution (MCR) adalah metode yang mapan dalam analisis data spektroskopi untuk mengekstrak spektrum murni dan konsentrasi murni berdasarkan model matematika bilinear standar yang diselesaikan dengan menggunakan metode alternating least square (ALS).

Konsentrasi murni dapat dikelompokkan untuk menunjukkan peta segmentasi distribusi bahan kimia dalam sampel. Umumnya, MCR-ALS konvensional bisa mengekstrak spektrum murni dan konsentrasi murni dengan baik. Namun, kadang-kadang variansi spektrum dalam gambar sangat rendah. Akibatnya, MCR-ALS tidak dapat mengidentifikasi peta segmentasi yang benar. Selain itu, sampel dapat terkontaminasi secara spasial oleh pengotor yang bukan merupakan ‘region of interest’ (ROI) untuk dianalisis.

Syahril menambahkan bahwa penelitian yang dilakukannya mampu menghadirkan alat grafis tangguh yang gratis dan tidak tergantung platform bernama OCTAVVS. “Kami menggunakan MCR-ALS lokal yang memungkinkan analisis data mikrospektroskopi vibrasi menggunakan metode MCR-ALS yang diperluas dengan ROI,” ungkapnya. Perangkat lunak ini mencakup beberapa metode rekonstruksi gambar, peta segmentasi, dan ekstraktor spektrum rata-rata untuk menghasilkan spektrum rata-rata setiap kluster. Dengan menggunakan OCTAVVS, pengguna dapat menganalisis sejumlah besar data mikroskopi vibrasional tanpa perlu memahami kode pemrograman,” jelasnya. (har/ ed.adl)