Disable Preloader

Berita

13 September 2018

P2 Fisika Berhasil Membuat Nanopartikel Emas Murni Dengan Teknik Laser Ablasi

Nanopartikel emas (gold nanoparticles) adalah partikel emas berukuran dibawah 20 nm yang memiliki sifat khusus yaitu plasmon. Efek plasmon ini menyebabkan warna larutan partikel emas menjadi merah muda hingga ungu. Nanopertikel emas memiliki banyak manfaat mulai dari sains hingga kesehatan. Di dunia sains, efek plasmon dari nanopartikel emas sangat membantu untuk meningkatkan emisi dari sumber cahaya berukuran nano yang sangat lemah.

Di dunia kesehatan, nanopartikel emas memiliki potensi sebegai terapi kanker dan pengobatan lainnya. Masih banyak manfaat nanopartikel emas yang belum tergali hingga saat ini. Pembuatan nanopartikel emas telah banyak dikembangkan oleh peneliti-peneliti dunia internasional. Reaksi kimiawi adalah cara yang paling umum dilakukan untuk membuat nanopartikel emas. Namun cara ini cukup rumit dan melihatkan bahan-bahan kimia yang tidak baik untuk kesehatan manusia.

Kelompok Penelitian Laser, Pusat Penelitian Fisika LIPI berhasil membuat nanopartikel emas murni tanpa adanya bahan-bahan kimia yang berbahaya. Teknik laser ablasi mampu membuat nanopartikel emas dengan menghasilkan ukuran nanopartikel emas sekitar 15 nm hingga 20 nm. Teknik laser ablasi memanfaatkan laser pulsa Nd:YAG untuk mengablasi plat emas sehingga terbentuk ion-ion emas. Kemudian ion-ion emas akan berkumpul kembali menjadi nanopartikel emas dengan ukuran yang sangat kecil. Semua proses pembuatan nanopartikel emas dilakukan dalam air murni. Nanopartikel emas murni yang dihasilkan dapat diaplikasikan untuk kosmetik dan pengobatan.

Kerjasama riset terbuka lebar untuk memanfaatkan nanopartikel emas ini. Untuk lebih lanjut hubungi: Dr. Isnaeni dan Dr. Yuliati Herbani dari Kelompok Penelitian Laser, Pusat Penelitian Fisika LIPI.