Disable Preloader

Berita

26 September 2019

P2 Fisika - LIPI dan KIMS Laksanakan Kerja sama Riset dan Kolaborasi (25-26 September 2019)

Serpong, Humas LIPI. Kerja sama Pusat Penelitian Fisika Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2 Fisika – LIPI) dengan Korea Institute of Material Science (KIMS) selama dua tahun (2018-2019) merupakan bentuk kerja sama global di bidang material sains yang melibatkan negara Asia: Korea, Vietnam, Laos, Kamboja, Mongolia, dan Indonesia dalam Program KIMS : Asia Countries Program. Kerja sama riset ini untuk menghasilkan inovasi riset yang saling menguntungkan kedua belah pihak melalui support dan mentoringship.

Setelah tahun lalu diadakan simposium internasional KIMS on Material and Technology, di Mongolia, tahun ini P2 Fisika – LIPI berkesempatan menyelenggarakan simposium pada 25-26 September 2019, di Puspiptek, Serpong, Indonesia. Acara diawali dengan pembukaan dari Presiden KIMS, Dr. Jung-Hwan Lee. Beliau menyampaikan tentang pentingnya kolaborasi riset di bidang material sains antara negara-negara Asia yang memiliki potensi alam. Selanjutnya Dr. Rike Yudianti selaku Kepala Pusat Penelitian Fisika LIPI mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada 16 peserta asing dari lima negara ke Indonesia.

Dengan tema material dan teknologi, acara simposium menghadirkan sepuluh presenter yang menyampaikan perkembangan penelitian. Dr. Byung-Sun Kim (Korea) dengan Natural Fiber Reinforced Composites and Its Obstacles, Dr. Makara (Kamboja) dengan Research on Biodegradable Paper for Flower Pots by using Wet Methodology, Dr. Joon-Hyung Byun (Korea) dengan Nanocomposite Fibers for Wearable Textile Application: Strain Sensor, Dr. Rike Yudianti (Indonesia) dengan Carbon Nanotube Embedded in Polymer Matrix for Functional Nanocomposite Application, Dr. In-Hyuck Song (Korea) dengan Current Status and Activity of Ceramic Membrane for Water Treatment, Dr. Saran (Mongolia) dengan Support Preparation of the Ceramic Membrane with Mongolian Natural Clay, Dr. Jung-Goo Lee (Korea) dengan Development of Permanent Magnetic Materials for Next Generation, Dr. Tien (Vietnam) dengan Brief Introduction of Institute of Materials Science (IMS), Prof. Nguyen Huy Dan (Vietnam) dengan Development of Permanent Magnetic Materials, dan Dr. Sengphet (Laos) dengan Mineralogy and Firing Characteristics of Clay Ceramic Based Material Prepared from Laotian Clay.

Pada hari kedua, rombongan berkesempatan untuk melihat dan mengenal fasilitas yang ada di P2 Fisika-LIPI. Para peserta sangat menikmati fasilitas laboratorium LIPI diantaranya yaitu SEM-TEM, FIB, Laser, Lab Spektro, Metalografi, Opto, Lab Kimia, SPS, Baterai, Magnet, dan FC.

Para delegasi mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat. Dapat memantapkan pencapaian kegiatan riset pada proyek  KIMS melalui sharing hasil riset dan pencapaian riset. Salah seorang peserta mengungkapkan dapat beberapa ide pengetahuan tentang penelitian dan juga berbagi beberapa pengalaman bersama. Kedepannya diharapkan dapat membuat beberapa kolaborasi antara negara-negara anggota KIMS dan LIPI khususnya, di Pusat Penelitian Fisika – LIPI. (har/ ed. adl)