Disable Preloader

Berita

10 Maret 2021

P2 Fisika LIPI dan PT RMU Kerja Sama Pemodelan Pengelolaan Hutan Rawa Gambut Lestari

Serpong, Humas LIPI. Pusat Penelitian Fisika (P2 Fisika) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melakukan penandatanganan kerja sama Pengembangan Model Hidrologi dan Dinamika Nonlinier Ekosistem Hutan Rawa Gambut dengan PT Rimba Makmur Utama (RMU), pada Rabu (10/3) secara virtual. Penandatanganan dilakukan untuk pengembangan model hidrologi, neraca air, dan dinamika nonlinier ekosistem di hutan rawa gambut dari data-data lapangan yang terletak di Kabupaten Katingan dan Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Prosesi penandatanganan tersebut dilakukan oleh Kepala P2 Fisika LIPI Rike Yudianti, dengan Direktur Utama PT RMU, Dharsono Hartono.

Kepala Pusat Penelitian Fisika LIPI, Rike Yudianti menyatakan dukungannya terhadap kerja sama P2 Fisika LIPI dan PT RMU ini. “Sebagai lembaga yang memiliki otoritas nasional di bidang ilmu pengetahuan, LIPI saat ini gencar melakukan akselerasi, baik melalui sumber daya manusia (SDM) unggul dan infrastruktur riset,” jelas Rike. “Saya harap kerja sama ini dapat terus bergulir, karena mitra pun sangat mendukung adanya publikasi ilmiah,” imbuhnya.

Senada dengan P2 Fisika LIPI, Direktur PT RMU turut menyampaikan harapannya bekerja sama  dengan LIPI, akan ada karya ilmiah yang berdampak sosial dari kegiatan ini. “Dengan transparan memberikan informasi ilmiah kepada publik, dapat mencegah perubahan iklim,, memberikan kesejahteraan kepada masyarakat, dan perusahaan pun memperoleh untung,” ucap Dharsono Hartono.

Penanggung jawab kegiatan ini, Albertus Sulaiman, menjelaskan bahwa pengembangan model hidrologi rawa gambut ditujukan untuk memahami proses dasar dinamika air gambut, sehingga pelestarian dan pemanfaatan gambut dapat berjalan selaras dan berkelanjutan. “Kegiatan ini diharapkan menghasilkan publikasi yang bereputasi global, sehingga pengelolaan gambut oleh PT RMU didasarkan atas pertimbangan ilmiah,” ujarnya. (hrd ed. adl)