Disable Preloader

Berita

18 Desember 2020

P2 Fisika LIPI Gelar Monev Semester 2 Tahun 2020

Serpong, Humas LIPI. Pusat Penelitian Fisika Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2 Fisika – LIPI) mengadakan acara monitoring dan evaluasi (monev) virtual untuk kegiatan semester 2 tahun 2020 pada Jumat (18/12). Acara ini dihadiri oleh Deput Bidangi Ilmu Pengetahuan Teknik, Kepala Pusat Penelitian Fisika LIPI, sivitas kelompok penelitian (keltian) P2 Fisika, serta perwakilan Badan Perencanaan Keuangan, serta Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas.

Rike menyampaikan capaian P2 Fisika yang berada di atas target kinerja tahun 2020, meskipun ada kendala pandemi. “Saya mengapresiasi keltian yang telah memberikan capaian output PK Keltian yang maksimal melebihi jumlah anggotanya,” ujarnya. “Saya juga berharap kepada para Peneliti Ahli Utama (APU) juga bisa memberikan output publikasi internasional,” tambahnya..

Deputi IPT yang hadir memberikan selamat kepada P2 Fisika. “Ternyata Kapus Fisika yang awalnya keberatan dengan target, ternyata capaiannya melebihi target hingga capaian 200%”, ujarnya. Beliau juga turut mengapresiasi keltian yang berkontribusi terhadap capaian tersebut.

Dalam sambutannya, Haryono juga menyampaikan pesan bagi para APU P2 Fisika agar lebih berperan dalam keltian. “APU harus seperti Profesor di Univeristas luar negeri, bisa menggandeng kolaborasi internasional dan mencari pendanaan  eksternal,” imbuhnya.

Paparan dari koordinator Kelompok Penelitian Laser, Baterai Lithium dan Superkapasitor, Fisika Sistem Kompleks, Fisika Teori Energi Tinggi, Material Fuell Cell dan Hidrogen, Material Fungsional Dimensi Rendah, Material Nano Magnetik, Material Berketahanan Tinggi (HRM), Optoelektronika dan Kontrol, dan Teori dan Komputasi Material. Masing-masing koordinator memaparkan tentang profil anggota keltian, publikasi, kerja sama, proyek riset, progres dan kendala. Setiap usai pe maparan ada diskusi tanya jawab yang dipandu oleh Koordinator Penelitian Fisika, Andi Suhandi.

 Sebagai penutup Rike mengucapkan terima kasih atas partisipasi seluruh rekan-rekan P2 Fisika yang telah membantu tahun 2020. “Terima kasih tastim yang menghitung angka kredit dan tim acara Kolokium Fisika, serta masalah absensi ke depannya juga perlu diperhatikan, serta berbagai usulan untuk tahun depan. (adl)