Disable Preloader

Berita

09 September 2019

P2 Fisika-LIPI Selenggarakan Sosialisasi E-Kehadiran dan Luncurkan Sistem Layanan Berbasis Voucher (SiAlfa) (09 September 2019)

Serpong, Humas LIPI. Pusat Penelitian Fisika Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2 Fisika-LIPI) menyelenggarakan Sosialisasi E-Kehadiran, dan luncurkan Layanan Berbasis Voucher (SiAlfa), di Ruang Gamma P2 Fisika-LIPI, pada Senin (9/9). Dalam Sosialisasi e-Kehadiran disampaikan oleh Martino Kurnianto Hendrawan selaku Manajer BOSDM LIPI Kawasan Serpong, dan juga disampaikan tentang Sistem Aplikasi Layanan Fisika (SiAlfa) oleh Eni Sugiarti selaku Project Manager dari P2 Fisika-LIPI.

Acara tersebut diikuti oleh seluruh PNS maupun CPNS P2 Fisika-LIPI. Turut juga dihadiri oleh beberapa peserta dari LIPI Kawasan Serpong.

Kepala P2 Fisika-LIPI, Rike Yudianti menyampaikan Pertama, bahwa beberapa waktu yang lalu telah terbit Perka LIPI Nomor 11 Tahun 2019, Tentang Capaian Kinerja Pegawai di Lingkungan LIPI. Di sana diturunkan sistem penilaian SKP termasuk juga sistem penilaian perilaku. Untuk penilaian perilaku itu tidak terlepas dengan absensi.

Sementara dengan adanya peluncuran SiAlfa, berarti Puslit Fisika-LIPI sudah menerapkan layanan satu pintu secara online. Tidak ada diskriminasi terhadap alat kelompok penelitian, maupun alat layanan. Rike berharap bahwa SiAlfa dapat memudahkan sivitas memonitoring dan mengevaluasi sistem layanan.

Martino Kurnianto Hendrawan dalam pemaparan e-Kehadiran menyampaikan bahwa dalam penerapannya, pegawai perlu juga mendapatkan pemahaman yang sama tentang hak cuti PNS sesuai dengan aturan yang baru, yaitu Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara (Perka BKN) Nomor 24 Tahun 2017 tentang Tata Cara Pemberian Cuti PNS.

Peraturan Kepala BKN  Nomor 24 Tahun 2017 merupakan turunan aturan diturunkan dari Pasal 341 Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS. Yaitu yang memberikan petunjuk pelaksanaan mengenai tata cara pemberian cuti PNS.

“Mengenai e-Kehadiran, kami terus berupaya agar semua tersentralisasi dan terintegrasi dalam sistem tersebut, yaitu data pembayaran gaji, tukin, uang makan, mesin absen dan aplikasi presensi, kebijakan regulasi kehadiran, dan lain-lain,” tambahnya.

Terkait Sistem Aplikasi Layanan Fisika (SiAlfa), Eni menyampaikan bahwa SiAlfa merupakan sistem layanan pengujian dan top up voucher di Laboratorium P2 Fisika-LIPI. Website dengan tampilan yang user friendly ini diharapkan dapat memberikan pelayanan pengujian yang mengutamakan mutu, kecepatan, dan kepuasan pelanggan sesuai dengan ISO/IEC 17025:2017. 

Layanan  SiAlfa merupakan aplikasi web based sehingga dapat diakses dengan menggunakan laptop dan smartphone melalui web browser, seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, dan sebagainya. Aplikasi ini bertujuan untuk mengefisiensikan dan mempersingkat waktu layanan tanpa mengenyampingkan kualitas, serta layanannya. Aplikasi ini sudah dibuka untuk melayani pengujian baik internal LIPI maupun eksternal sehingga diharapkan dengan sistem ini, fasilitas yang ada di Fisika LIPI lebih dikenal masyarakat baik itu dari akademisi maupun industri terkait.

(har/ ed. adl)