Disable Preloader

Berita

25 Oktober 2019

P2 Fisika-LIPI Selenggarakan Sosialisasi Enago dan Penandatanganan Nota Kesepakatan (25 Oktober 2019)

Serpong, Humas LIPI. Pusat Penelitian Fisika Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2 Fisika-LIPI) menyelenggarakan Sosialisasi Enago dan penandatanganan Nota Kesepakatan antara Kedeputian Ilmu Pengetahuan Teknik (IPT) LIPI dengan Enago, di Ruang Rapat Alpha, Puspiptek, Serpong, pada Jumat (25/10). Enago merupakan perusahaan jasa yang bergerak dibidang editing dan proof reading for scientific manuscript in English untuk submit jurnal global.

Acara Memorandum of Understanding (MoU) Enago-LIPI diikuti oleh seluruh sivitas LIPI baik Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tidak hanya P2 Fisika – LIPI. Namun juga banyak sivitas peneliti dari satker lain baik yang berada  di Serpong maupun Bandung yang juga turut serta dalam acara tersebut.

Kepala P2 Fisika-LIPI, Dr. Rike Yudianti menyampaikan bahwa Enago sangat menyambut usulan kerja sama ini dengan baik dan Enago juga sudah memberikan link khusus untuk peneliti LIPI yang akan mengajukan editing dan proof reading melalui Enago. “Untuk saat ini skema pembiayaan adalah self funded oleh authors dengan diskon yang diberikan khusus untuk peneliti LIPI. Untuk tahun 2020, kebijakannya akan langsung disampaikan oleh bapak Deputi IPT,” dalam sambutan Rike Yudianti.

Sementara dari pihak Enago, disampaikan profil singkat perusahaan, yakni Enago memiliki prinsip “Author First and Quality First to improve you chances of publication”. Servis Enago tidak hanya proofreading (bahasa) tapi juga editing (format, gaya bahasa, daftar pustaka, gambar tabel, plagiat, dan lain-lain). Editor Enago adalah expert di bidang penelitian yang sesuai, bukan hanya sekedar native speaker.

Enago mengeluarkan sertifikat editing yang diakui oleh banyak penerbit jurnal global bereputasi. Editing Enago dimulai dari proses editing pada manuscript yang disampaikan, proses reviu/revisi, hingga artikel jurnal/karya tulis ilmiah (KTI) diterima. Servis Enago untuk LIPI bisa dilihat melalui www.enago.com/lipi.

Kemudian Dr. Agus Haryono selaku Deputi IPT-LIPI menyampaikan dalam sambutannya bahwa di tahun 2020, kami akan mengalokasikan anggaran jasa editing untuk sejumlah 200 buah manuskrip yang akan dikirim ke jurnal Q1 atau Q2. Sistemnya adalah “first come first serve” untuk mendapatkan support dana dari Kedeputian IPT ini.

Agus berharap semoga kerja sama dengan Enago dapat membantu peneliti untuk meningkatkan riset yang berkualitas, karena jasa ini tidak hanya melakukan language editing, tetapi juga substansial editing serta copy editing. Dengan demikian peneliti sudah memiliki paket lengkap yang terdiri dari fasilitas riset sudah memadai, ditambah fasilitas bahasa juga akan segera dipenuhi. Oleh karena itu, tidak ada lagi alasan bagi peneliti untuk tidak menghasilkan output riset yang berkualitas.

Pada akhir acara, dilakukan penandatangan Nota Kesepakatan antara Kedeputian IPT LIPI dan Enago yang disaksikan oleh Kepala P2 Fisika – LIPI serta seluruh sivitas yang hadir. (har/ ed. adl)