Disable Preloader

Berita

26 November 2018

Pelatihan Sensor Optik dalam bidang Lingkungan dan Kebencanaan (SOLINA) , 15 November 2018

Pada hari Kamis, 15 November 2018, Kelompok Penelitian Optoelektronik Pusat Penelitian Fisika LIPI mengadakan Pelatihan Sensor Optik dalam bidang Lingkungan dan Kebencanaan (SOLINA) di ruang rapat Gamma, Pusat Penelitian Fisika LIPI, Serpong-Tangerang Selatan.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif dimulai dari teori optika fisis sebagai fenomena yang digunakan untuk mengamati perubahan gejala fisis hingga membentuk sistem instrumen optik utuh yang mampu digunakan sebagai pendeteksi gejala fisis yang bebas dari ganggunan interferensi gelombang elektromagnetik, berukuran kecil, ringan, sensitivitas tinggi, lebar pita yang besar serta tidak dapat berkarat dan didukung dengan kecepatan pengambilan data yang cepat.

Acara ini diharapkan mampu menjadi wadah diskusi antar peneliti, perekayasa maupun akademisi sehingga tercapai keberlanjutan teknologi dimulai dari penelitian hingga pengembangan produk.

Acara yang berlangsung selama satu hari ini terdiri dari dua acara inti yaitu pemaparan materi dan praktikum. Adapun pemaparan materi disampaikan oleh tiga narasumber ahli yang kompeten di bidangnya yaitu Prof. Dr. Moh. Yasin, M.Si dari Universitas Airlangga, Dr. Adrin Tohari dari Pusat Penelitian Geotek LIPI dan Dr. Bambang Widiyatmoko, M. Eng. dari Pusat Penelitian Fisika LIPI.

Materi yang diberikan pada pelatihan ini diantaranya adalah dasar teori optika fisis sebagai sensor lingkungan dan kebencanaan, pengenalan dan perlakuan khusus serat optik sebagai sensor besaran fisis, sistem instrumentasi optik dan penerapannya pada monitoring lingkungan dan kebencanaan serta peranan instrumentasi kebencanaan sebagai alat bantu analisis geologis untuk deteksi dini potensi bencana. Kemudian acara dilanjutkan dengan praktikum yang meliputi penyambungan serat optik menggunakan Fusion Splicer, analisis pengaruh perubahan fisis (suhu, tekanan dan pergeseran) pada keluaran sensor optik, pengamatan perubahan fisis berdasarkan perubahan intensitas,waktu maupun frekuensi pada keluaran, serta pengenalan sistem instrumentasi kebencanaan yang telah dibuat oleh kelompok penelitian optoelektronik.

Acara yang dibuka oleh Kepala Bagian Pengelolaan dan Diseminasi Hasil Penelitian Pusat Penelitian Fisika LIPI, Agus Suheri, S. T, ini dihadiri oleh kurang lebih 80 peserta dari berbagai macam instansi, diantaranya adalah Universitas Indonesia, UIN Walisongo Semarang, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Institut Sains dan Teknologi Nasional, Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Universitas Negeri Semarang, Universitas Airlangga, BPPT, SMA Cahaya Rancamaya Islamic boarding School, Universitas Jenderal Soedirman dan masih banyak lagi lainnya. Selama berjalannya acara, peserta terlihat antusias dalam bertanya dan berdiskusi selama jalannya pelatihan. Acara kemudian ditutup dengan penyerahan sertifikat secara simbolis oleh ketua panitia pelatihan SOLINA dan penyampaian pesan dan kesan peserta selama acara berlangsung.

 

-Mf-