Disable Preloader

Berita

28 Agustus 2020

Pemanfaatan Teknologi Kontrol dan Visi Komputer untuk COVID-19


Serpong, Humas LIPI. Der Forscher pada Jumat, (28/8) menyelenggarakan 29th DER FORSCHER WEBCAST LECTURE SERIES, ASEAN Amazing Men in Science dengan tema “Materials, Control and Computer Vision Innovations against COVID-19 (Inovasi Material, Kontrol, dan Visi Komputer terhadap COVID-19)” melalui laman facebook ASEAN Science Diplomats, facebook UTM Campus Sustainability, dan saluran Cisco Webex Meetings.

Seminar Der Forscher ini merupakan kesempatan yang baik untuk membuat para peneliti di ASEAN  dapat terhubung untuk kolaborasi di masa sekatang dan mendatang.

Acara webinar ASEAN disajjikan oleh Dr. Edi Kurniawan (Pusat Penelitian Fisika Lembaga Ilm Pengetahuan Indonesia) dan Dr. Jingfeng Huang (ASEAN Science Diplomat Singapura). Dengan pemandu acara, Nadine Jacito dari BBC World Services Producer, dan Rajah Broadcasting Network RJFM 100.3.

Penyaji pertama, Dr. Edi Kurniawan, berbicara tentang ‘Social Distancing Violation: Methods and Performances (Deteksi Pelanggaran Jarak Sosial: Metode dan Performa)’. Edi menyampaikan bahwa kita dapat berkontribusi dalam menanggulangi pandemi COVID-19 ini dengan memanfaatkan aspek teknologi kontrol dan visi komputer.

“Potensi pemanfaatan teknologi COVID-19 untuk aplikasi lain masih sangat terbuka lebar. Sebagai contoh untuk pemantauan, pencarian dan deteksi korban bencana, pemantauan lalu lintas, dan pemantauan kualitas tanaman di sektor pertanian,” tutupnya. (har/ ed. adl)