Disable Preloader

Berita

01 Juli 2019

Peresmian Lab Kimia di Puslit Fisika LIPI (1 Juli 2019)

Serpong, Humas LIPI. Pusat Penelitian Fisika Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2 Fisika – LIPI) meresmikan gedung laboratorium kimia, pada Senin (1/7). Lab ini akan digunakan untuk penelitian-penelitian seperti fuel cell, baterai, dan penelitian yang terkait dengan limbah kimia.

Laboratorium kimia yang baru dibangun tersebut bertujuan untuk lebih memaksimalkan penelitian P2 Fisika - LIPI yang memanfaatkan bahan-bahan kimia. Sebelumnya P2 Fisika - LIPI juga telah mengadakan sosialisasi kesehatan dan keselamatan kerja (K3) dengan narasumber Ade Lili Hermana dari Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN). 

Peresmian laboratorium dihadiri oleh seluruh sivitas P2 Fisika - LIPI serta perwakilan struktural di kawasan Puspiptek. Peresmian tersebut dibuka oleh Kepala P2 Fisika – LIPI, Dr. Rike  Yudianti. Dr. Rike menyampaikan agar semua sivitas P2 Fisika - LIPI menjaga keamanan, ketertiban, dan kebersihan di Lab Kimia. Regulasi yang telah dibuat perlu diikuti oleh semua yang memanfaatkan fasilitas laboratorium.

“Walaupun Lab Kimia diperuntukkan untuk penelitian yang melibatkan bahan-bahan kimia, namun seluruh pegawai dihimbau untuk bertanggung jawab juga. Dan bagi yang magang, tugas akhir, praktik kerja industri (prakerin), agar selalu didampingi oleh supervisor masing-masing. Jadi jangan mereka sendiri yang mengoperasikan alat-alat di lab kimia karena dibutuhkan pendampingan”, pesan Kapuslit Fisika.

Saat ini Lab Kimia termasuk unggulan di Pusat Penelitian Fisika LIPI. Laboratorium ini dilengkapi dengan alat-alat serta furnitur yang lebih lengkap dan baru. (har/ ed. adl)