Disable Preloader

Berita

16 Januari 2020

Profesor Prancis Isi Kuliah Tamu di Puslit Fisika LIPI (16 Januari 2020)

Serpong, Humas LIPI. Pusat Penelitian Fisika Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2 Fisika - LIPI) mengadakan kuliah tamu pada Kamis (16/01), di Ruang Alpha, P2 Fisika LIPI, Gedung 452. Kuliah ini menghadirkan Profesor Gilles Ausias dari Université de Bretagne Sud, Prancis. 

Prof. Gilles Ausias memiliki latar belakang studi dari teknik mesin hingga memiliki kepakaran dalam ilmu material. Prof dari Prancis ini menyampaikan presentasi mengenai Fiber Suspension Rheology. Bagaimana penerapannya dari dalam laboratorium menjadi proyek kerjasama dengan industri. 

Dalam riset laboratorium, Prof. Ausias berfokus pada material komposit dari serat, polimer termoplastik, serta termoset. Bersama tim, dirinya melakukan penelitian untuk mempelajari hubungan antara tekanan gesek (shearing stress) dengan kecepatan geser (shearing rate) pada cairan atau hubungan antara strain dan stress pada suspensi dari serat. 

Saat melakukan riset untuk menggambarkan aliran cairan dan deformasi dari suspensi serat, Prof. Ausias menggunakan ilmu komputasi untuk membuat suatu pemodelan. Tentunya pemodelan untuk polimer atau serat memerlukan persamaan-persamaan fisika yang perlu didalami. Seperti Jeffrey equation, newtorian matrix, Fulgar, Tucker lipscomb model untuk membuat simulasi moldflow suatu proses suspensi dari serat polimer tersebut.

Peralatan penunjang proses laboratorium Prof. Ausias adalah piranti lunak untuk injection molding sehingga dapat membantu perancangan pemodelan moldflow sebagai representatif volume partikel. Alat ukur yang dipakai Prof. Ausias seperti rheometer dan geometry. 

Seusai sesi presentasi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi. Peserta menanyakan apakah memungkinkan pemodelan ini diterapkan pada suspensi benda padat pada industri automotif seperti piston. Prof. Ausias menjelaskan bahwa tentu perlu dilakukan penelitian dengan menerapkan persamaan-persamaan fisika yang relevan untuk mendapatkan pemodelan yang diharapkan sesuai aplikasinya.

Sesi tanya jawab ditutup dengan pertanyaan kemungkinan kolaborasi P2 Fisika - LIPI dengan Université de Bretagne Sud. Prof. Ausias menjawabnya dengan tangan terbuka perihal kesempatan kerjasama tersebut. 

Perwakilan dari ketua keltian Puslit Fisika sangat senang menerima kunjungan Prof. Gilles Ausias. Pada kesempatan ini juga dilakukan kunjungan ke berbagai laboratorium seperti lab uji dan karakterisasi material, lab laser, lab optoelektronika, lab fuel cell, lab baterai, lab material berketahanan tinggi, dan lab lainnya yang berada di Puslit Fisika – LIPI. (har/ ed. adl)