Disable Preloader

Berita

18 Desember 2018

Pusat Penelitian Fisika LIPI ditetapkan sebagai sebagai PUI Material Energi Elektrokimia (13 Desember 2018)

Pusat Penelitian Fisika - LIPI berhasil ditetapkan sebagai Pusat Unggulan Iptek (PUI) Material Energi Elektrokimia. Apresiasi ini diberikan oleh Menteri Ristekdikti yang diwakili oleh Direktur Jendral Kelembagaan Iptek dan Dikti, Patdono Suwignjo, di Gedung Indonesia Covention Exhibition, Tangerang, Banten, Kamis (13/12/2018).

Penetapan ini diterima setelah melewati tiga tahun masa pembinaan dengan beberapa kali perubahan fokus keunggulan lembaga, yang pada akhirnya menetapkan bendera Material Energi Elektrokimia sebagai bendera PUI yang diusung oleh Pusat Penelitian Fisika LIPI.

Material Energi Elektrokimia merupakan payung besar yang melingkupi dua kelompok penelitian besar di Pusat Penelitian Fisika LIPI, yaitu kelompok penelitian Baterai dan superkapasitor serta kelompok penelitian Fuel Cell dan teknologi hidrogen. Kegiatan dalam dua kelompok penelitian besar ini disatukan dalam satu payung Material Energi Elektrokimia untuk menunjukkan karakteristik riset yang telah dilakukan selama ini.

                                                                   

PUI sendiri merupakan cerminan suatu institusi litbang yang memiliki keunggulan-keunggulan riset secara spesifik dan telah mendapatkan apresiasi serta pengakuan terhadap keluaran dan produk litbang dari para stakeholdernya, baik nasional maupun internasional. Apresiasi dan pengakuan tersebut menunjukkan institusi PUI sebagai lembaga litbang yang senantiasa menghasilkan keluaran dan produk litbang yang bersifat spesifik namun multi disiplin, memiliki standar kualitas yang tinggi, serta berorientasi pada kebutuhan riil pengguna Iptek.

Dalam masa pembinaannya, Pusat Penelitian Fisika telah diarahkan untuk mengembangkan 3 (tiga) kapasitas kelembagaan yang mencakup kapasitas lembaga dalam mengakses informasi (Sourcing Capacity), kapasitas riset (Research and Development Capacity), dan kapasitas diseminasi (Disseminating capacity). Ketiga kapasitas kelembagaan tersebut diharapkan dapat lebih mempertajam dan memperkuat basis riset serta diseminasi hasil litbang kepada stakeholder terkait. Sebagai penutup, ucapan selamat dan terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah berkontribusi sehingga Pusat Penelitian Fisika LIPI dapat ditetapkan sebagai salah satu lembaga dengan predikat PUI di tahun 2018 ini. Salam PUI!

-WB-