Disable Preloader

Berita

06 Oktober 2019

Puslit Fisika LIPI Hadir dalam Puspiptek Innovation Festival (PIF) 2019 (3-6 Oktober 2019)

Serpong, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia terus menunjukkan eksistensinya sebagai lembaga yang kosisten menghasilkan riset bermanfat nyata bagi masyarakat. Pada 3-6 Oktober 2019 di kawasan Puspiptek, Pusat Penelitian Fisika (P2 fISIKA) pada kegiatan Puspiptek Innovation Festival (PIF) 2019 mewakili LIPI.

P2 Fisika – LIPI menunjukkan Pengembangan Stasiun Mini untuk Pemantauan Pergerakan Tanah Berbasis Optoelektrnika, dan permainan Labirin. P2 Fisika sudah menyiapkan produk-produk promosi sebagai hadiah bagi pengujung yang berhasil memainkan permainan Labirin seperti pulpen, kipas, dan topi. Para pengunjung yang didominasi siswa sekolah tampak antusias mencoba permainan labirin di booth.

Puspiptek Innovation Festival tahun 2019 ini adalah event yang ketiga sejak dimulai tahun 2017. Kegiatan ini ditunggu-tunggu oleh masyarakat dari tahun ke tahun, sehingga Pusat Penelitian Kimia terus mencoba untuk terus dapat berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan Puspiptek sebagai sebuah event untuk dapat mendiseminasikan hasil penelitian dan menyebarluaskan informasi. Tujuannya agar meningkatkan kesadaran akan pentingnya iptek dan inovasi dalam kehidupan masyarakat. Pada akhirnya akan terwujud budaya inovasi pada kalangan generasi muda penerus bangsa. 

Sesuai dengan fungsi sebuah Sains Techno Park, Puspiptek berupaya bagaimana mengaitkan semua unsur kepentingan dalam membangun sebuah ekosistem inovasi. Government, akademisi, bisnis, masyarakat, dan sebagainya. Semuanya berpartisipasi dalam upaya membangun suasana yang kondusif dalam budaya inovasi. 

Tahun 2019 PIF mengangkat tema Innovations Without Limits menampilkan ‘highlight’ pengembangan karya inovasi bagi perempuan dengan sub-tema “Perempuan Bicara Inovasi, Perempuan yang Menginspirasi”.

“Inovations Without Limits berarti tidak ada batasan setiap manusia, setiap individu, untuk bagaimana melakukan inovasi. Karena inovasi dapat dilakukan dari berbagai segi. Oleh karena itu tidak ada hambatan bagi kita semua untuk melakukan inovasi,” kata Kepala Puspiptek, Sri Setiawati saat membuka kegiatan PIF.

Selama empat hari, banyak kegiatan yang dilakukan dalam PIF 2019, ada Puspiptek Expo yang diikuti 60 booth yang terdiri UMKM, startup, maupun hasil-hasil penelitian yang ada di kawasan Puspiptek maupun pemerintah daerah. Diselenggarakannya berbagai seminar dan workshop, ada seminar berkaitan dengan games workshop games, animasi, dan pembuatan VIV 360, workhop komunikasi satelit, women innovation, workhop entrepreneurship, business matching, kompetisi inovasi, eksplor Puspiptek, dan kompetisi mural dengan tema B.J. Habibie.

Dalam penutupan PIF pada 6 Oktober 2019, Kepala Puspiptek kembali menegaskan bahwa bahwa sesuai slogan Innovation Without Limits, artinya tidak ada inovasi yang tidak dapat dihasilkan oleh siapapun. Siapa pun berhak berinovasi. Untuk usulan kegiatan acara PIF di tahun mendatang, Puspiptek sangat terbuka akan ide-ide yang inovatif. (har/ ed. adl)