Disable Preloader

Berita

03 Oktober 2019

Puslit Fisika LIPI Selenggarakan Workshop Basic Seismological Processing: Seismic Analysis Code (03 Oktober 2019)

Serpong, Fisika LIPI. Pusat Penelitian Fisika LIPI yang diwakili oleh Kelompok Penelitian Fisika Tektonik menyelenggarakan Workshop Basic Seismological Processing: Seismic Analysis Code (SAC) pada Rabu, (3/10) di Ruang Rapat Gamma. Workshop ini diikuti oleh dosen, peneliti, dan mahasiswa yang antara berasal ITS, UPI, STMKG, BMKG, BPPT, dan UIN Syarif Hidayatullah.

Seismic Analysis Code merupakan free software yang digunakan memproses dan menganalisa waveform gelombang seismik yang telah direkam oleh stasiun-stasiun seismik. Software ini didistribusikan secara gratis oleh Incorporated Research Institutions for Seismology (IRIS). Software ini dapat diunduh melalui tautan http://ds.iris.edu/ds/nodes/dmc/forms/sac/

Workshop ini dibuka oleh Kepala Pusat Penelitian Fisika LIPI, Dr. Rike Yudianti. Setelah itu, Ketua Kelompok Penelitian Fisika Tektonik, Febty Febriani, Ph.D. memberikan penjelasan mengenai penelitian-penelitian yang sedang dilakukan oleh para peneliti dari Kelompok Penelitian Fisika Tektonik. 

Selanjutnya dua narasumber, Dr. Titi Anggono dan Dr. Syuhada, menyampaikan bagaimana materi dasar tentang SAC. Materi diawali dengan penjelasan bagaimana mengunduh dan menginstal SAC, kemudian bagaimana mengunduh data gelombang seismik dari website IRIS, lalu dilanjutkan dengan bagaimana memproses dan menganalisa gelombang seismik dengan menggunakan SAC. 

Antusiasme peserta dalam mengikuti workshop yang diselenggarakan selama satu hari ini sangat positif. Dari seluruh peserta yang hadir berharap workshop seperti ini rutin dilaksanakan oleh Pusat Penelitian Fisika LIPI sebagai bentuk tanggung jawab para peneliti kepada masyarakat ilmiah Indonesia. (ff/ ed. adl)