Disable Preloader

Berita

01 Juni 2020

Ramah Tamah Pascalebaran Puslit Fisika – LIPI

Serpong, Humas LIPI. Hari raya Idul Fitri tahun 1441 Hijriah atau 2020 Masehi ini suasananya menjadi berbeda karena pandemi virus corona. Banyak hal unik yang dilakukan oleh publik seperti melakukan silaturahmi menggunakan cara virtual ataupun menggunakan handphone.

Cara ini juga dilakukan oleh Pusat Penelitian Fisika Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2 Fisika – LIPI) menggelar acara halabihalal on line, pada Senin (1/6) melalui Zoom Meeting dan melalui Facebook live. Sebagai pemandu jalannya acara tersebut, peneliti Edi Suprayoga bertindak selaku moderator.

Dalam sambutannya kepala P2 Fisika - LIPI, Rike Yudianti bersyukur bisa berkumpul dan bersilaturahmi tatap muka bersama keluarga besar Puslit Fisika - LIPI walaupun secara daring.

“Acara ini, kami sengaja mengkolaborasikan tentang kedinasan berkaitan dengan penilaian, kemudian wacana pemerintah terkait kenormalan baru ataupun new normal, sosialisasi capaian angka kredit tahunan (AKT), sosialisasi International Symposium on Metalurgy and Materials (ISSM), dan sekalian kita recharge (mengisi ulang) keimanan dan ketaqwaan kita pada Allah SWT yang disampaikan oleh Ustadz Andy Latief Octavian dari Fisika – ITB,” ungkap Kapuslit Rike.

Kapuslit Fisika menyampaikan terkait persiapan normalisasi baru yang disarankan pemerintah. Pemerintah memberikan kesempatan kepada LIPI untuk mendukung infrastruktur guna meminimalisir infeksi dari COVID-19 ini.

Rike menyarankan agar setelah masuk work from office (WFO), menggunakan absen berbasis online melalui aplikasi handphone. Kemudian, perubahan pelayanan dan jumlah penerimaan maupun akses terhadap pengguna layanan.

“LIPI sebagai lembga riset tentu layanan tidak boleh berhenti karena ini merupakan trasfer knowledge (berbagi ilmu pengetahuan dan pemahaman) buat para masiswa di perguruan tiggi. Sehingga mahasiswa tugas akhir masih tetap diperbolehkan yaitu meminimalisir jumlah mahasiswa dengan mengikuti protokol kesehatan,” pesan Rike.

Pada halalbihalal tahun 2020 juga diadakan sosialisasi capaian angka kredit tahunan (AKT) disampaikan oleh Maria Margareta Suliyanti. Lalu Sosialisasi ISSM seputar penyelenggaraan konferensi tahun 2020 oleh Deni Shidqi Khaerudini.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan kajian tausiyah bersama ustadz Andy Octavian Latief dari Fisika ITB, yang bertemakan “Wasiat Para Ulama tentang Istiqomah”.

Pemateri membawakan sebuah hadist radiatussolihin Imam Nawawi tentang istiqomah. Ada dua makna istiqoman. Makna sempit, yaitu amalan ibadah yang dilakukan secara berkesinambungan. Makna luas, yaitu berpegang teguh pada jalan yang lurus (mustaqim) yang diridhoi Allah SWT.

Imam Nawawi menyebut dua hadits ringkas tentang istiqomah. Seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW, “Wahai Rasulullah, katakanlah padaku sebuah perkataan tentang islam, yang mana aku tidak menanyakannya pada orang selain engkau, Rasulullah menjawab: katakanlah aku beriman kepada allah dan beristiqamahlah.”

Dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Lakukanlah muraqabah (segera kembali menuju kondisi ideal/ tobat) dan sadar (melakukan ibadah benar-benar 100% sesuai dengan perintah Allah SWT).

Di akhir ceramah, pemateri membawakan Surat Al Ashr:

Demi masa, sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasihat-menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat-menasihati supaya menetapi kesabaran.

Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan ramah tamah. Kemudian acara ditutup dengan ucapan selamat Idul Fitri melalui perwakilan dari masing-masing kelompok penelitian, serta dari Humas dan Kerja Sama selaku perwakilan pengelola kawasan LIPI Serpong.

“Taqobbalallahu minna waminkum, mohon maaf lahir dan batin, mudah-mudahan dengan adanya pandemi ini, kita diberikan kekuatan dan keikhlasan,” ucap Rike. Kita mohon perlindungan pada Allah SWT agar terhindar dari pandemi,” tambahnya. “Tetap sehat!” tutup kapuslit Fisika – LIPI. (har/ ed. adl)