Disable Preloader

Berita

13 Oktober 2020

Serba-serbi Riset Fisika di Australia

Serpong, Humas LIPI. Pusat Penelitian Fisika – Lembaga Ilmu Pengetauan Indnesia (P2 Fisika – LIPI) menyelenggarakan Kolokium Fisika Daring dengan judul Serba-serbi Beasiswa dan Riset di Australia” oleh Anggito P. Tetuko, Ph.D. dari P2 Fisika, Selasa (13/10).

Anggito Pringgo Tetuko, Ph.D. berbagi pengetahuan tentang beasiswa dan pendanaan peneiltian di Australia melalui  Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) serta Australia award untuk program masters by research dan Ph.D. “Untuk mendapatkan beasiswa, tentukan minat penelitian yang sesuai guna pengembangan karier dan kontribusi terhadap Indonesia,” pesan Anggit biasa disapa.

Anggit juga membagikan pengalaman riset di dua universitas di Australia yaitu The University of New South Wales (UNSW) dan Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT), dan riset di P2 Fisika – LIPI.

Riset yang dikerjakan di UNSW adalah fenomena droplet yang jatuh ke tiga permukaan, yaitu: superhydrophobic, hydrophilic, dan tanpa coating. Dinamika tersebut dianalisis menggunakan dua kamera, yakni kamera berkecepatan tinggi yang bisa menangkap gambar sampai 7.000 frame per detik dan kamera infra merah yang bisa menangkap gambar sampai 8.000 per detik.

Kemudian riset yang dikerjakan di RMIT adalah passive thermal coupling antara PEM fuel cell dan metal hydride storage menggunakan heat pipes, sehingga panas dari fuel cell akan dipindahkan ke metal hydride untuk meningkatkan hydrogen discharging rate.

Fuel cell adalah perangkat elektromedis yang dapat mengkonversi hidrogen dan oksigen menjadi listrik, panas, juga uap air. Untuk menjaga kinerja dari fuel cell perlu dijaga temperatur kerja dari fuel cell, yaitu antara 60 sampai 80 derajat

Riset-riset yang sedang dikerjakan oleh Anggit dan tim di P2 Fisika - LIPI yaitu sintesa nanofluida berbasis magnetite dan air. Selain itu juga penelitian superhydrophobic coating on textile material, superhydrophobic as water-oil separator, magnetite particle as additive in lubricant, nanofluid in thermomagnetic system, nanofluid as engine coolant in radiator, serta permanent magnet for guitar pickup application.

LIPI membuka bagi mahasiswa, institusi, maupun industri untuk berkolaborasi atau pun yang melakukan tugas akhir. Harapan Anggit terkait riset tersebut agar menjadi kontinuitas, baik dari segi dana maupun fasilitas riset, sehingga dari riset fundamental dapat menjadi riset yang aplikatif dan bermanfaat bagi masyarakat.

Kolokium mingguan ini diikuti oleh peserta dari peneliti praktisi, dan akademisi melalui media aplikasi Zoom, siaran langsung melalui laman Facebook@lipiphysics dan YouTube Pusat Peneltian Fisika LIPI: https://is.id/ly-lipiphysics yang dimoderatori oleh Ahmad Ridwan Tresna Nugraha peneliti P2 Fisika – LIPI.

Kolokium Fisika Daring rutin dilakukan setiap Selasa pada pukul 10.30-12.00 WIB. Acara ini menghadirkan pembicara dari internal P2 Fisika – LIPI, maupun pembicara tamu dari luar LIPI. Topik yang disajikan juga sangat beragam dan mencakup penelitian-penelitian terkini mulai dari fisika partikel hingga fisika material yang mencakup juga penelitian-penelitian fisika terkini yang dibahas secara ilmiah populer maupun fisika tutorial, dan berbagi pengalaman penelitian. (har/ ed. adl)