Disable Preloader

Berita

05 November 2020

Siswa SMKN 2 Tasikmalaya Kreator Tangan Robot dan BAPPENAS RI Kunjungi Puslit Fisika LIPI

Serpong, Humas LIPI. Masa pandemi tak menyurutkan semangat anak bangsa untuk berkarya. Alwan Hanif Ramadhan, siswa SMK Negeri 2 Tasikmalaya berhasil menciptakan tangan robot yang diberi nama Affordable Smart Prosthetic Arm. Karya tersebut terinspirasi dari kondisi teman Alwan yang menyandang disabilitas; dia memiliki telapak tangan tetapi tak punya jari-jari. Dirinya pun berkeinginan membantu temannya itu.

Dalam mewujudkan idenya itu, Alwan mulai mencari-cari tangan robot di dunia maya. Ternyata harganya sangat mahal, mencapai puluhan ribu dolar AS. Padahal, rata-rata difabel di Indonesia berasal dari keluarga prasejahtera. Alwan kemudian memikirkan alternatif lain untuk membuat sendiri robot tangan lengkap dengan jari. Tentunya dengan harga murah, yang terjangkau semua kalangan.

Robot dengan biaya produksi sekitar Rp 700.000,00 ini pernah ditampilkan di berbagai pameran, diantaranya LIPI Young Inventor Award 2019, International Exhibition for Young Investor 2019 yang mendapatkan penghargaan dari Taiwan, dan ASEAN Grass Roots Inovation di Filipina.

Menurut siswa kelas X jurusan Mekatronika ini, masih banyak yang harus diperbaiki dari karyanya. Meski sudah bisa digunakan, robot tangan ini masih memiliki banyak keterbatasan. Kedepannya, Alwan ingin agar setiap jari yang ada di lengan robotnya itu bisa bergerak secara individual, sesuai kemauan penggunanya.

Oleh karena itulah pada Kamis (5/11), Alwan beserta guru pembimbing dan Wakil Kepala Sekolah SMKN 2 Tasikmalaya, berkunjung ke Pusat Penelitian Fisika (P2F) LIPI. Didampingi oleh tim BAPPENAS RI, rombongan ini diterima oleh Kepala satuan kerja, Rike Yudianti, perwakilan manajemen, dan beberapa Peneliti P2F. “Kami sangat senang dan terbuka dengan kunjungan semacam ini, LIPI memang punya banyak program ilmiah untuk remaja yang bisa dimanfaatkan,” ujarnya.

Selanjutnya Rike menjelaskan berbagai penelitian yang ada di Puslit Fisika, yang mungkin bisa dipakai untuk mengembangkan robot tangan buatan Alwan.

Deputi Polhukhankam BAPPENAS, Slamet Soedarsono menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan tindak lanjut dialog kemitraan multi-pihak di SMKN 2 Tasikmalaya. “Kunjungan kali ini hanya sebagai awalan, kami berharap LIPI bisa memberikan bimbingan dan arahan ke depannya,” kata Slamet.

Acara diakhiri dengan ramah tamah yang dihadiri pula oleh Deputi Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI, Agus Haryono. (nh/ ed. adl)