Disable Preloader

Berita

22 Juni 2021

Webinar Riset Material Superalloy

Serpong, Humas LIPI. Pusat Penelitian Fisika Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2 Fisika-LIPI) menyelenggarakan Webinar on Research in Superalloy for Critical Turbine Engine, pada Selasa (22/6). Webinar terkait penelitian material Superalloy ini menghadirkan narasumber dari P2 Fisika LIPI, School of Material Science and Engineering, dan PT Thermic Coanting Industries.

Kepala P2 Fisika-LIPI, Rike Yudianti, menyampaikan bahwa webinar ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk mempertemukan para peneliti, akademisi, dan industri. “Saya berharap dari acara ini akan tercipta diskusi yang efektif sehingga terus mengikuti perkembangan penelitian terkait superalloy,” ujarnya.

Sebagai pembicara, hadir peneliti dari Pusat Penelitian Fisika - LIPI, Eni Sugiarti, yang menyampaikan sebagian hasil risetnya berjudul Development of High Temperature Oxidation Resistance of Ni-based Superalloys for Gas Turbine. “Saya dan tim fokus melakukan pengembangan material pelapis untuk melindungi material berbasis nikel pada sudu turbin,” ungkapnya.

Peneliti dari kelompok penelitian High Research Materials, mengungkapkan dalam pengembangan risetnya dapat meningkatkan performa material yang dilapisi. “Hal itu berdampak pula dalam meningkatkan efisiensi kerja sudu turbin dan menurunkan emisi gas karbon dioksida,” jelasnya.

Pada acara yang sama, ada pula pembicara Felix Teska dari School of Material Science and Engineering. Felix memaparkan salah satu penelitiannya berjudul High-resolution characterization of the Ni-based superalloy Alloy 718. Selain itu ada pembicara yang berasal dari industri yaitu Bravola A. H. Bancin dari PT Thermic Coating Industries. Judul presentasi yang disampaikan yaitu HVOF coating application on turbine blades.

Sebagai informasi, acara yang  dipandu oleh Wahyu Bambang Widayatno dari P2 Fisika – LIPI, dihadiri 80 orang peserta dari peneliti, akademisi, lembaga pemerintah, maupun industri. (hrd/ ed. adl)