Tentang Kami

Sejarah

Pusat Penelitian Fisika (P2 FISIKA) didirikan pada tahun 1967 dengan nama Lembaga Fisika Nasional (LFN). Pada tahun 1986 Lembaga Fisika Nasional (LFN) berubah nama menjadi Pusat Penelitian dan Pengembangan Fisika Terapan (P3FT). Berdasarkan SK Kepala LIPI No.1151/M/2001, maka sejak tanggal 5 Juni 2001 Pusat Penelitian dan Pengembangan Fisika Terapan berubah nama menjadi Pusat Penelitian Fisika (P2 FISIKA) sampai sekarang. Secara institusi, P2 Fisika-LIPI merupakan institusi pemerintah di bawah Lembaga Pemerintah Non Kementerian yaitu Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang merupakan salah satu pusat penelitian dibawah Kedeputian Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik (IPT LIPI).

Tugas dan Fungsi P2 FISIKA-LIPI dituangkan pada bagian ketiga Pasal 128  Peraturan Kepala LIPI No. 1 Tahun 2019 yaitu melaksanakan penelitian di bidang fisika dengan fungsi

a. penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang penelitian fisika;
b. pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang penelitian fisika;
c. pelaksanaan pengelolaan penelitian di bidang penelitian fisika;
d. pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang penelitian fisika; dan
e. pelaksanaan urusan tata usaha.

Berdasarkan Peraturan Kepala LIPI No. 1 Tahun 2019, P2 FISIKA-LIPI yang dipimpin oleh seorang Kepala Pusat setingkat eselon IIa membawahi satu eselon IIIa dan membawahi langsung kelompok penelitian (Keltian) yang dikoordinir oleh seorang ketua kelompok penelitian. Struktur demikian diharapkan dapat mensinergikan semua potensi yang ada dalam menjalankan Tugas dan Fungsi P2 FISIKA–LIPI. P2 FISIKA-LIPI berkomitmen untuk mengoptimalkan seluruh potensi organisasi melalui dukungan sumber daya manusia (SDM), dana, sarana, dan prasarana yang ada, serta terus menerus melaksanakan, memantau,dan mengevaluasi seluruh kegiatan untuk meningkatkan koordinasi dan sinergi baik secara internal maupun kerjasama institusional dengan pihak lain.

Visi dituangkan dalam Rencana Strategis Implementatif menjadi Pusat Penelitian Berkelas Dunia di bidang fisika dengan moto memasyarakat dan mendunia diharapkan mampu memberikan semangat menghasilkan kebaharuan dan inovasi riset di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi fisika.