P2 Fisika LIPI Bekerjasama dengan P2 Geoteknologi LIPI Mengujicobakan SMPT di Pengalengan Kabupaten Bandung Barat

Sebagai bentuk implementasi hasil riset yang digunakan  oleh masyarakat, P2 Fisika LIPI bekerjasama dengan P2 Geoteknologi LIPI mengujicobakan Sistem Monitoring Pergerakan Tanah (SMPT).  Dimana kegiatan ini dibiayai dari kegiatan unggulan LIPI tahun 2016.

Sistem Monitoring Pergerakan Tanah (SMPT) merupakan sebuah sistem paket sensor yang berfungsi untuk mendeteksi pergerakan tanah. Sistem yang diujicobakan di Pengalengan Kabupaten bandung Barat ini terdiri dari beberapa sensor yang terdiri dari ekstensometer, tiltmeter, soil moisture, dan curah hujan , serta data logger, gateway, pengkondisi sinyal, perangkat lunak, sistem mekanik, alarm peringatan dan juga website untuk menampilkan seluruh data hasil pengukuran.

Pemasangan SMPT di daerah Pengalengan Kabupaten Bandung Barat  didasari dari survei yang telah dilakukan oleh P2 Geoteknologi LIPI pada tahun sebelumnya.  Rencananya pemasangan SMPT ini akan terus dikembangkan untuk dapat dipasang di beberapa daerah yang berpotensi rawan terhadap bencana tanah longsor  di Indonesia dengan dapat berkolaborasi dengan lembaga terkait lainnya.

 

Red/HA

Tahun : 

2016