P2 Fisika LIPI Gandeng P2 Kimia LIPI dan PT Hikari Produksi Baterai Lithium

Perkembangan riset baterai lithium di Indonesia saat ini telah memasuki tahap pengembangan dan persiapan untuk dapat berkolaborasi dengan sektor industri. Salah satu industri yang tertarik dengan perkembangan riset di P2 Fisika LIPI adalah PT Hikari Solusindo Sukses.

Perkembangan riset batetrai lithium di Indonesia dimulai pada saat tumbuhnya pasar mobil listrik  di dunia sebagai salah satu alternatif kendaraan ramah lingkungan. Baterai lithium merupakan  salah satu komponen utama mobil listrik  untuk mendukung proses penyimpanan energi listrik. Kuranganya perkembangan industri baterai lithium di Indonesia membuat ketergantungan dengan komponen baterai lithium dari luar negeri.

Berbagai lembaga riset di dunia, baik yang milik pemerintah maupun industri, berlomba-lomba mengembangkan baterai lithium yang tahan lama, awet dan cepat saat diisi ulang (fast charging). Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) juga tidak ketinggalan dalam mengembangkan baterai lithium. Pengembangan riset baterai lithium di LIPI sudah sampai pada tahap prototipe dan sudah dipatenkan sehingga siap untuk diuji coba produksi dalam skala besar.

Melihat potensi ini, PT Hikari Solusindo Sukses tertarik untuk pengembangan lebih lanjut baterai lithium. Perusahaan ini menggandeng para peneliti LIPI terutama dari Pusat Penelitian Fisika dan Pusat Penelitian Kimia untuk mengembangkan dan mengalih teknologikan hasil penelitian baterai untuk lebih lanjut, maka dengan dikoordinasi oleh Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik (IPT) LIPI, Dr. Laksana Tri Handoko, dilakukanlah penandatanganan MoU antara PT Hikari Solusindo Sukses dengan Deputi IPT yang dilanjutkan dengan penandatangan kerjasama antara PT Hikari Solusindo Sukses, P2 Kimia dan P2 Fisika. Penandatangan dilakukan di LIPI Jakarta pada tanggal 31 Maret 2016. Dari PT Hikari ditandangani oleh direkturnya, Dr. Eko Fajar Nur Prasetyo, P2 Kimia ditandatangi oleh Dr. Agus Haryono selaku Kepala P2 Kimia LIPI, dan Dr. Bambang Widiyatmoko, M.Eng selaku Kepala P2 Fisika LIPI.

 

Red/HA

Tahun : 

2016