P2 Fisika LIPI Uji Cobakan SMPT di Purwakarta

Sistem Monitoring Pergerakan Tanah (SMPT) merupakan sebuah sistem paket sensor yang berfungsi untuk mendeteksi pergerakan tanah. SMPT terdiri dari beberapa sensor, seperti Ekstensometer, Inklinometer, Solar Cell, Sensor Curah Hujan dan Modul Gateway.

Saat ini P2 Fisika – LIPI telah mengujicobakan SMPT di Purwakarta, tepatnya ada di KM 107 dan 113 di area sekitar rel kereta api Jakarta – Bandung. Dalam melaksanakan pemasangan SMPT di area tersebut, P2 Fisika – LIPI bekerja sama dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Darat dan Kereta Api (Puslitbanghubdar) Kementerian Perhubungan pada area KM 107, sedangkan pada area KM 113 P2 Fisika – LIPI bekerja sama dengan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melalui pendanaan Insinas.  

Uji coba SMPT yang saat ini dilakukan di Purwakarta merupakan sebuah bentuk kesempatan besar bagi perkembangan riset SMPT karena uji coba dapat langsung dilakukan di lapangan. Pengembangan SMPT ini merupakan bentuk mewujudkan sebuah inovasi dari putra bangsa untuk mengembangkan teknologi penanggulangan bencana di Indonesia sehingga teknologi tersebut akan dapat dikembangkan dengan harga yang lebih murah dan kompetitif jika dibandingkan dengan produk dari luar negeri.

 

Red/HA

Tahun : 

2016